Banjir Sei Balai akan petani akan dibantu
Foto : Seorang petani saat memeriksa kondisi padinya.

MUDANEWS.COM, Batubara – Kadis Pertanian Batubara Ajijul Mukahar SP berjanji akan memasukan para petani padi yang lahan sawahnya terendam banjir di seputaran wilayah Kecamatan Sei Balai, Batubara akan diganti kerugiannya.

Pengganti kerugian dimaksud dengan cara memasukan para petani yang tertimpa musibah melalui asuransi usaha tanaman pangan.

“Saya baru tau ini kalau ada lahan sawah yang terendam banjir di Kecamatan Sei Balai. Kalau memang benar secepatnya kita turun kelapangan untuk mengecek kebenaran itu,”kata Ajijul Mukahar, saat dikomfirmasi wartawan melalui selulernya, Sabtu (13/5/2017).

Dia juga mengatakan, banjir yang dialami para petani Desa Suka Ramai itu dapat diketahui kerugiannya setelah nantinya di data.

“Kalau memang kerugian para petani cukup besar, kita bantu mereka dan mendaftarkan para petani yang mengelola sawahnya masuk kedalam Asuransi Usaha Tanaman Pangan (AUTP) yang nantinya tiap 1 Hektar sawah akan dibantu dana sebesar Rp.6.000.000”, tegas Ajijul mengakhiri.

Pantauan wartawan disejumlah lokasi sawah didaerah itu terendam banjir akibat kiriman air hujan dari hulu. Bahkan lahan sawah yang terendam terparah daerah Batubara di Desa Suka Ramai Kecamatan Sei Balai, Batubara. Puluhan hektar sawah daerah itu terendam air, sehingga di kawatirkan gagal panen.

Muhammad Arief (37) salah seorang petani yang ditemui wartawan dilokasi sawahnya mengungkapkan, akibat banjir itu persawahannya dan warga di sekitarnya mengalami kerugian cukup besar karena air tak kunjung surut. Berita Batubara, Erwin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here