Geopark Kaldera Toba, Ini yang Dilakukan Tengku Erry Rekomendasi UNESCO

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menginstruksikan dibentuknya tim percepatan persiapan pengusulan Geopark Kaldera Toba menjadi Global Geopark Network UNESCO.

Tim nantinya akan dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung untuk menindaklanjuti lima poin rekomendasi UNESCO.

“Karenanya perlu dibuat tim percepatan pengusulan Geopark Kaldera Toba menjadi Global Geopark Network UNESCO,” kata Tengku Erry saat memimpin rapat, Selasa (9/5/2017).

Rekomendasi itu harus diselesaikan dalam kurun waktu Oktober-November 2017. UNESCO memberi rekomendasi kepada Sumut agar dapat memenuhi beberapa saran berdasarkan hasil penilaian dan pemantauan saat berkunjung ke Kawasan Geopark Kaldera Toba pada tahun 2014. Namun pada 2015 hasil pengumuman UNESCO, GKT belum berhasil menjadi anggota GGN.

“Ibu Wagub, saya tugaskan untuk memimpin rapat, dengan melibatkan kabupaten se-kawasan Danau Toba, agar kita fokus pada lima poin rekomendasi UNESCO, apa dan siapa bekerja dan tanggungjawabnya apa,” katanya.

Gubsu adalah Ketua Dewan Pengarah pada Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BP-GKT) Sumatera Utara sedangkan Wakil Gubsu Wakil Ketua Dewan Pengarah. Sedangkan anggota Dewan Pengarah adalah Sekda Provsu dan tujuh bupati se kawasan Danau toba yaitu Simalungun, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir, Dairi dan Karo. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini