Keterlibatan Perempuan di Masyarakat
Kegiatan perempuan di masyarakat

MUDANEWS.COM – Apalah arti perempuan jika hanya memoles wajah dan kukunya. Apalah arti perempuan yang ia tak tau fungsi dan perannya. Sejatinya perempuan memiliki begitu banyak peran, fungsi dan tanggung jawab yang begitu luas. Perempuan adalah fungsional dalam pembaharu sosial, ekonomi, politik peradaban. Sejauh ini jika sama-sama kita telah tidak kita temukan bidang yang sama sekali tidak di duduki seorang perempuan, mulai dari Bidang Pendidikan, Ekonomi, Budaya, Kesehatan, Hukum, Politk, dll. Posisi ini melibatkan perempuan dengan sentuhan ide maupun kelembutan dengan memberikan peluang dan luang dalam pertumbuhan peradaban.

Laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki kesempatan yang luas untuk berkarya dan menginovasi gagasan yang dimilikinya. Bung Karno pernah mengatakan bahwa, ‘’Perempuan Indonesia, Kewajibanmu telah terang, sekarang ikutlah serta dalam usaha menyelamatkan Republik, dan jika Republik telah selamat, ikutlah serta mutlak dalam usaha menyusun Negara Nasional. Janganlah tertinggal dalam Revolusi Negara dari Awal hingga akhir, dan janganlah tertinggal pula di dalam usaha menyusun masyarakat berkeadilan social dan kesejahteraan social. Di dalam masyarakat berkeadilan social dan kesejahteraan social itulah engkau akan menjadi perempuan bahagia, perempuan merdeka.’’

Di Kabupaten Langkat sendiri Peran serta perempuan dalam kesejahteraan masyarakat telah dapat dilihat dari adanya organisasi-organisasi perempuan baik Ormas, OKP, LSM yang sejalan dengan Pemerintah, seperti Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan perempuan untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia, KOHATI (Korp HMI Wati) Kabupaten Langkat dan Forum Perlindungan Perempuan dan Anak, dan lain-lain yang turut andil dan bersinegri dengan pemerintah dalam kemajuan Perempuan di Kabupaten Langkat.

Peran perempuan saat ini disuguhkan begitu banyak dari berbagai bidang, hal ini menjadi edukasi bahwa pada tahun 2019 peran perempuan semakin masif dan signifikan bukan hanya sebagai peramai panggung demokrasi yang dapat sama-sama kita lihat pada Pemilu April 2019 lalu khususnya namun, juga sebagai actor dari keberhasilan pencapaian kesejahteraan Indonesia.

Penulis : Desy Nuryani Karo-Karo

Sekretaris Umum HMI Cabang Langkat