Sail Nias 2019, Panitia Pusat Mantapkan Koordinasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta –Ajang pariwisata berskala Internasional terbesar di Indonesia, Sail Nias 2019 siap digelar. Infrastruktur penunjang kegiatannya pun ditargetkan rampung jelang puncak acara 8 hari lagi, yakni pada 14 September. Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo sebagai Wakil Ketua Nasional Acara Sail Nias 2019 mengucapkan terima kasih saat membuka rapat finalisasi panitia nasional guna mengetahui kesiapan masing-masing penanggungjawab acara.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas kerja keras siang dan malam dari semua kementerian dan lembaga serta panitia di lapangan sehingga dalam kunjungan kami kemarin bersama Bapak Kemenkumham Yasonna Laoly, overall pelaksanaannya sudah hampir selesai, meski ada beberapa hal yang telat 1 sampai 2 hari. Tetapi kami mendapat keyakinan akan terkejar,” ucap Eko Sandjojo.

Terlebih, Dirjen PPMD Taufik Madjid yang sekaligus Ketua Koordinasi Puncak Acara Sail Nias 2019 meyakinkan bahwa acara puncak pada tanggal 13-14 September akan berjalan sesuai dengan skenario acara. Koordinasi pusat dan daerah untuk komponen pengisi puncak pun ditingkatkan, terutama dalam tarian kolosal yang akan melibatkan lebih dari 700 penari dan paduan suara. Serta parade kapal nelayan, flypast dari TNI AU, spiral dive paramotor dan terjun payung juga terus dilakukan pelatihan dan persiapan.

Sail Nias 2019, Panitia Pusat Mantapkan Koordinasi
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo foto bersama

“Prinsipnya untuk pengisi acara saat ini sudah hampir 90% hanya menunggu latihan dan penekanan-penekanan dari fasilitas pendukung dan infrastruktur yang sedang direvitalisasi seperti Pelabuhan Teluk Dalam segera selesai, guna kesiapan acara penyelenggaraan puncak Sail Nias 2019 berjalan dengan baik,” tambah Taufik Madjid.

Hal ini sejalan dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah yang mengharapkan acara Sail Nias 2019 ini terlaksana dengan baik, dan tidak ada kendala-kendala yang berarti termasuk faktor cuaca. Kehadiran Presiden Joko Widodo juga merupakan harapan dari masyarakat karena ini sangat berarti bagi pariwisata di Sumatera Utara khususnya Kepulauan Nias.

Kehadiran Presiden Joko Widodo di Acara Sail Nias 2019 ini juga akan didampingi oleh 10 duta besar dan 2 wakil duta besar Negara sahabat untuk mengunjungi Wonderful Nias Expo 2019. Serta, menghadiri kejuaraan surfing internasional yang diselenggarakan di Pantai Sorake dengan jumlah peserta sebanyak 102 orang dari mancanegara dan 22 orang masyarakat lokal. Berita Jakarta, suci/arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini