Memeriahkan HUT RI ke-74, Masyarakat Adakan Lomba Panjat Pohon Pisang
Saat perlombaan panjat pohon pisang

MUDANEWS.COM, Ciamis – Berbagai cara dilakukan oleh warga masyarakat, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT), Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 Tahun 2019 ini.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga masyarakat diwilayah Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam memeriahkan HUT RI kali ini di gelar perlombaan panjat batang pohon pisang (gedebog/bagedor).

Ketua Panitia Aman Firmansyah, Minggu (18/08/2019), mengungkapkan bahwa kegiatan lomba panjat pisang ini digelar dalam rangka menyemarakan dan memeriahkan HUT RI ke-74, serta dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat, khususnya yang ada diwilayah Desa Sukahurip.

“Kami mengadakan lomba panjat pinang ini, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 Tahun 1019,” ungkapnya.

Lanjut Aman, untuk peserta lomba panjat batang pisang sendiri dilakukan secara berkelompok. Dan dalam masing-masing kelompok tersebut terdiri dari 4 orang peserta, dengan memperhatikan waktu yang telah disepakati oleh para peserta, yaitu sekitar 5 menit, untuk mengambil hadiah yang disediakan.

“Jadi Gedebog kita gantung dengan cara dibalik dengan ujung gedebog berjarak sekitar 1/2 meter diatas permukaan air kolam, kemudian dilumuri pelicin serta terus disiram dengan air, sehingga licin pada saat dipanjat,” jelasnya.

Kegiatan inipun berlangsung meriah, sebab berulang kali peserta berusaha untuk mencapai puncak agar mendapat hadiah, namun karena licin maka berulang kali para peserta melorot ke bawah, terjebur ke kolam. Dan hampir semua peserta mandi lumpur.

“Panitia menyediakan puluhan hadiah, mulai dari HP, kaos, sandal, tas, makanan, dan puluhan hadiah menarik lainya,” tambahnya.

Terpisah, salah seorang peserta, Dudung, mengaku senang dengan mengikuti kegiatan lomba panjat batang pisang ini. Meski harus bersusah payah agar dapat mendapatkan hadiah yang disediakan oleh pihak Panitia.

“Capek tapi seneng, selain bisa mendapatkan hadiah, juga bisa ikut memeriahkan HUT RI ke- 74,” ungkapnya.

Memeriahkan HUT RI ke-74, Masyarakat Adakan Lomba Panjat Pohon Pisang
Saat perlombaan panjat pohon pisang

Selain menggelar lomba panjat batang pohon pisang, Panitia juga mengadakan perlombaan dogongan, balap karung, ngubyag balong, makan kerupuk, melintas diatas kolam, dan perlombaan anak-anak lainnya. Berita Ciamis, BQ