Mapancas Medan, Menghadiri Napak Tilas Karo Area serta Mengawal LVRI
Ketua DPD Mapancas Tk II kota Medan Mendampingi Ketua LVRI Kota Medan Mayor (Purn) Sumbat Sembiring

MUDANEWS.COM, Karo – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 LVRI menggelar kegiatan napak tilas sejarah perjuangan menegakan proklamasi kemerdekaan RI di Tanah Karo. Demikian dijelaskan Mayor (Purn) Sumbat Sembiring selaku ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Medan didampingi ketua LVRI Kabupaten Karo Randan Ginting.

LVRI Medan dikawal oleh Dewan Pimpinan Daerah Mahasiswa Pancasila (DPD Mapancas) Tk II Medan serta Simpatisan yang diketuai oleh M Roufik Sitepu SE.

“Napak tilas ini salah satu upaya pewarisan nilai-nilai heroisme kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 dengan melakukan kunjungan ke situs-situs pertempuran sengit di karo area,” terangnya.

Mayor Sumbat menjelaskan, yang mana pada pertempuran tahun 1949 telah gugur pahlawan-pahlawan Karo seperti Pala Bangun, Sersan Zainudin, Kumpul Sembiring, Letnan Rata Perangin-angin dan masih banyak lagi korban ketika itu yang digilas tank Belanda diwilayah Desa Suka Rame tapi namanya kurang dikenal karena banyak yang gugur salah satunya Amon Dimot pejuang yang berasal dari Aceh.

Sementara ketua komunitas, nilai-nilai juang Sumut Jhonatan Tarigan menjelaskan, bertindak sebagai donatur adalah anak-anak pejuang yang peduli akan kejuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia antara lain Petrus Barus dari Jakarta, Ralo Sebayang Medan, Tania Medan dll.

“Setelah mengitari area Karo rombongan yang berjumlah lebih kurang 50 orang berhenti sejenak di Kantor Camat Kuta Buluh, yang disambut langsung oleh Camat Jhosua Sebayang sekaligus dijamu makan, karna hari sudah sore maka napak tilas ini akan dilanjutkan pada bulan September mendatang,” ujarnya.

Saat itu, ketika diwawancarai di XO Coffee Kabanjahe pada Kamis (14/8/2019) Ketua DPD Mapancas Tk II Kota Medan beserta pengurus yang dihadiri oleh Ahmad Fahrezy NST, Fahmi, Hanafi Dian Fadillah, Ahmad Mubarak, Latifah Ayu dan Para simpatisan merasa terpanggil dalam kegiatan napak tilas Karo Area ini. Apalagi dalam hal pengawalan LVRI Kota Medan dan LVRI Kab Karo.

“Karena berkat pengorbanan para pejuang terdahulu, kita dapat menikmati kemerdekaan hari ini,” tutur Roufik.

Roufik menegaskan bahwa DPD Mapancas Tk II Medan siap aktif dikegiatan LVRI Kota Medan dan Pengawalan LVRI Kota Medan.

“Perjalanan hari ini di Napak Tilas Karo Area mengajarkan kepada kami DPD Mapancas Tk II Kota Medan mengenai Nilai-nilai Heroisme Perjuangan pada Massa Penjajahan Belanda waktu itu,” jelasnya.

Kendati demikian, kata Roufik, melalui Napak Tilas Karo Area. DPD Mapancas Tk II Kota Medan berharap kepada pemerintah agar bertanggung jawab melestarikan dan memelihara situs-situs perjuangan yang ada dan berikanlah kesejahterakan kehidupan para veteran baik dari segi kesehatan dan lain sebagainya.

“Menghimbau dan mengajak kepada generasi muda harus ikut ambil bagian di dalam menggali kembali situs-situs perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang ada di wilayah masing-masing. Kita harus tau cara menghormati jasa para pahlawan yang telah bersedia mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan bangsa dan negara ini,” ujar M Roufik Sitepu SE selaku Ketua DPD Mapancas Tk II Kota Medan.

Acara tersebut dihadiri oleh LVRI Kota Medan, LVRI Karo, Komunitas Penulis Kota Medan, Komunitas Pewaris Nilai-Nilai Heroisme Perjuangan Karo dan DPD Mapancas TK II Kota Medan. Berita Karo, Fahmi