Sambut Idul Adha, KKN 121 Pawai Obor
Masyarakat dan Mahasiswa KKN UIN-SU Pawai Obor

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Puluhan masyarakat Desa Damak Maliho dari berbagai kalangan Anak-anak, pria , wanita dan orang tua tumpah kejalanan ikut serta merayakan pawai obor menyambut kedatangan idul adha 1440 H.

Pawai Obor yang di gelar oleh Mahasiswa KKN 121 UIN-SU Desa Damak Maliho, Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang diikuti hampir ratusan peserta. Mereka berkumpul di Masjid Al Huda Damak Maliho, usai salat isya, Sabtu (10/08/19).

Dengan takbiran kita back to basic di zaman dahulu menggunakan obor kita temukan kembali semarak daripada menggunakan bak terbuka keliling kota yang justru menghilangkan nilai-nilai syiar Islam yang seharusnya banyak dilakukan saat malam takbiran baik Idul fitri atau Idul adha. Kita ingin ukhuwah Islamiyah ditumbuhkan kembali bersama dengan keliling kampung menggunakan obor.

“Jadi kebersamaan kita, ukhuwah itu semakin tinggi dan terjalin antara sesama umat Islam. Artinya itulah yang mau kita dapatkan supaya kita dapat menghidupkan malam khususnya Idul fitri dan Idul adha. Senantiasa bertahmid dan bertahlil pada Allah SWT,” ujar Sulastrianto selaku Badan Kenaziran Masjid Al Huda Dusun I Desa Damak Maliho.

Sementara itu, Muliadi Al Jauzi selaku ketua kelompok dan koordinator pawai obor mengatakan, Alhamdulillah dengan adanya takbiran di sambut dengan pawai obor bersama masyarakat beserta bkm mesjid al huda dan mahasiswa/i KKN. “Menyambut semangat baru untuk didesa damak maliho kecamatan Bangun Purba pada khususnya dan mensyiarkan islam yang rahmatan lil alamin,” jelasnya.

Sementara itu, Riki H Tanjung selaku ketua umum HMI Komisariat FIS UINSU dan peserta pawai obor juga menambahkan tujuan acara ini selain dalam rangka menyambut hari besar Islam, Idhul Adha. “Juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya Obor yang semakin ditinggalkan,” terangnya.

Salah satu anak-anak, Aldi-Aldo (12) mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Baginya, rasa lelah tak terasa meskipun menempuh 2,5 Km.

Oleh karenanya, dalam memperingati acara besar islam idul adha tahun ini panitia mesjid al huda juga menyembelih 5 ekor lembu dan 4 ekor kambing yang dilakukan setelah salat idul adha. Berita Deli Serdang, RH