Sungkem Sang Presiden
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM – Seperti lebaran setiap tahun, sehabis sholat Idul Fitri langsung sungkem ke orang tua. Tradisi sudah mendarah daging di Jawa bahkan sebelum Islam sudah jadi lagu wajib kepada Pak’e dan Mak’e saat hari raya.

Sungkem ini tradisi jawa kuno si anak duduk dibawah dan mengucap maaf. Ada yang ” Taqobbalallohu Minna Wa Minkum.”

Ada juga “Kulo ngaturaken sembah pangabekti kulo dumatheng panjengengan. Lan ugo nyuwun pangapunten lampah tindak lan maturipun kulo”.

Jadi ingat saat Soeharto sebagai presiden setiap hari raya melakukan tradisi sungkem kepada ibunya. Begitu juga Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjadi presiden RI acara sungkem diberitakan media baik koran maupun televisi.

Bakti, kerendahan hati anak jelas terlihat jelas bagaimana cara memuliakan orang tua. Adanya berita tradisi sungkem seorang pemimpin adalah sebuah contoh serta panutan bagi masyarakat agar rakyat perlakuan orang tua sebagaimana mestinya. Ya … Paling tidak sesuai Al Qur’an dan Sunnah nabi.

Di istana negara ada tamu Open House bersujud di depan presiden dan istrinya. Padahal saya menunggu berita pemimpin yang sungkem pada ibunya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. MN/Sayuh