Seluruh Jamaah Haji
Kakan Kemenag Tapanuli Selatan Saripuddin Siregar (kiri) menyambut rombongan Jamaah Haji asal Tapanuli Selatan

MUDANEWS.COM, Tapsel – Sebanyak 185 jamaah haji asal Kabupaten Tapanuli Selatan tiba di tanah air melalui Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (14/9) kemarin.

Kakan Kemenag Tapanuli Selatan, Saripuddin Siregar mengatakan, rombongan haji yang tergabung pada Kloter 12 itu tiba di Bandara Kualanamu sesuai jadwal sekitar pukul 14.52 WIB.

Rombongan haji Kloter 12 yang terbang dengan pesawat bernomor flight GIA 3212 dari embarkasi Madina menuju debarkasi Medan bersama jamaah haji berasal dari Tapanuli Tengah dan sebagian Kota Medan berjumlah sekitar 385 orang, sedang berangkat berjumlah 387 orang.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur seluruh jamaah haji Tapsel tiba kembali ketanah air dengan lengkap, semoga seluruhnya menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” kata Saripuddin di Tapsel, Sabtu (15/9).

Turut hadir dalam penyambutan itu mewakili Bupati Tapanuli Selatan yaitu Kabag Kesejahteraan Rakyat Tapanuli Selatan, Solihuddin Harahap.

“Pemkab Tapanuli Selatan juga mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah haji yang telah kembali selamat ke tanah air, semoga semuanya haji yang mabrur-mabrurah,” pesan Bupati disampaikan Solihuddin.

Menurut Saripuddin, sebelum jamaah haji bertolak pulang ke kampung halaman Tapsel dengan sejumlah bus yang disiapkan, terlebih dahulu rombongan jamaah haji dibawa masuk ke Asrama Haji Medan.

Sebelumnya jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 12 ini berjumlah sebanyak 387 orang termasuk para jamaah tambah petugas Kloter dari TPHI, TPIHI, TKHI, TPHD/TKHD ketiga daerah yakni Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah dan Kota Medan.

“Hanya saja sampai saat ini Petugas TPHD Tapanuli Selatan masih ditanah suci berhubung mendapat perawatan diakibatkan sakit, dan diketahui satu jamaah asal Medan meninggal saat berada di tanah suci sehingga Kloter yang kembali ke tanah air sebanyak 385 jamaah,” tukas Saripuddin. (ant)