Erry Minta Kelompok Wanita Tani Terus Giatkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta masyarakat khususnya kaum ibu, terutama kelompok-kelompok wanita tani agar jeli memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam aneka hortikultura (tanaman kebun).

‘’Mari kita jadikan lahan perkarangan untuk menjadi sumber pangan keluarga sekaligus dapat menambah penghasilan,’’ ucap Tengku Erry pada pertemuan Kelompok Wanita Tani dan Pemanfaatan Lahan Perkarangan di Hotel Madani Medan, Jumat (15/12/2017).

Hadir pada acara tersebut Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu M Azhar Harahap, Mewakili BPTP Sumut DR Siti Maryam, Para Ketua Pokja III Kabupaten/Kota dan para perwakilan kelompok wanita tani serta sejumlah pengurus PKK.

Tengku Erry dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa salah satu program pemberdayaan petani di Provinsi Sumatera Utara adalah pemanfaatan lahan perkarangan dan diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi keluarga di perdesaan maupun perkotaan.

‘’Tak sedikit masyarakat di perkotaan melakukan tanaman hidroponik, dengan membuat tanaman di lahan sempit misalnya di belakang rumah atau perkarangan yang lahannya sangat minim. Dengan kegiatan ini keluarga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya seperti cabai dan sayuran,’’ sebut Erry.

Untuk itu, Erry sangat mendukung peran Pokja III TP PKK se Sumut dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam mengoptimalkan pemanfaatan perkarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga. “Upaya ini dilakukan membudidayakan berbagai aneka umbi, sayuran, buah serta budidaya ternak dan ikan sebagai tambahan untuk ketersediaan pangan sumber karbohidrat, vitamin dan mineral,’’ jelas Erry.

Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu M Azhar Harahap bahwa dalam rangka meningkatkan pengembangan kelompok wanita tani dan pemanfaatan lahan perkarangan instansinya telah mendistribusikan berupa bibit cabai dalam polybag ke Kabupaten/kota dengan jumlah 400.000 bibit. Disamping itu telah didistribusikan berbagai jenis bibit tanaman hortikultura seperti jambu, rambutan, mangga dan alpukat. ‘’Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang kegiatan program PKK di tingkat kecamatan maupun di tingkat kelurahan/ desa,” jelasnya. Berita Medan, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini