Pemkab Labura
Foto: Bupati Labura H.Kharuddin Syah SE penuh kegembiraannya foto bersama dengan para warga penyandang disabilitas.

MUDANEWS.COM, Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara memperingati hari disabilitas internasional 2017 di lapangan Bhayangkara Aek Kanopan, Kualuh Hulu, Selasa (19/12/2017).

Peringatan hari disabilitas internasional ini merupakan wujud keperdulian Pemkab Labura kepada penyandang Disabilitas di bumi basimpul kuat babontuk elok.

Bupati Labura H. Kharuddin Syah SE dalam sambutannya mengatakan bahwa di tahun 2018 tidak ada lagi penyadang disabilitas Kabupaten Labura yang merasa tersisih atau terabaikan dan Pemerintah Kabupaten Labura akan berupaya mendata untuk mensejahterakan kaum disabilitas.

“Data, siapa-siapa saja masyarakat penyandang disabilitas hari ini, agar kedepan di tahun yang akan datang tidak ada lagi disabilitas yang tersisih dan terabaikan,” tegasnya.

Dikatakanya lagi, hendaknya kita semua memberikan akses kepada penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan seperti pekerjaan, pendidikan, kesehatan, pemenuhan gizi, dan perlindungan sosial. Dengan memberikan kemudahan akses tersebut, diharapkan mereka lebih siap untuk memanfatkan peluang dan menjadi agen perubahan.

“Saya harapkan, bagi penyandang disabilitas, agar tidak malu dan tetaplah berupaya melakukan aktivitas. Tetaplah bersyukur, dengan apa yang telah dianugerahkan Allah Tuhan yang maha Kuasa kepada kita dan teruslah berjuang untuk menjadi lebih baik,” harap Kharuddin Syah.

Ketua DPRD Labura Drs Ali Tambunan melalui Sugito menyampaikan bahwa DPRD Labura siap membantu dan mengesahkan anggaran untuk bantuan penyandang disabilitas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Agar tidak ada lagi penyandang disabilitas yang merasa tidak diperdulikan, dan hidupnya agar lebih sejajar dengan masyarakat lainya.

“Kita siap membantu bagi panyandang disabilitas, agar kehidupanya lebih baik. Yang penting datanya akurat dan merata seluruh Labura,” ungkap Sugito.

Kadis Sosial H. Ahmad Sampurna MA dalam laporannya mengatakan bahwa peringatan disabilitas Internasional kali ini, Pemkab Labura menyerahkan 45 bantuan kepada penyandang disabilitas Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berupa 5 unit mesin bordir, 8 set perlengkapan perbengkelan, 5 set perlengkapan servis TV, 12 buah kursi roda, dan 15 buah hearing yang diterima langsung oleh penyandang disabilitas dari 8 Kecamatan di Labura.

Terlihat, usai menyerahkan bantuan kepada Disabilitas, Bupati dan Ketua Pengadilan Negeri Rantau Prapat menyambangi tenda tempat duduk penyandang disabilitas, dan mendengarkan aspirasinya serta diakhiri dengan berfoto bersama. Berita Labura, Ahmad Maherdika Hsb