Banjir Langkat, Masyarakat Terharu Gubernur Tinjau Lokasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi terjun langsung meninjau sejumlah lokasi banjir yang merendam pemukiman masyarakat di Kabupaten Langkat, Asahan dan Tanjung Balai, Jumat (10/11/2017).

Tengku Erry didampingi Sekda Langkat Indra Salahuddin mengarungi banjir menggunakan perahu karet di Lingkungan III Payakiri, Kelurahan Pelawi Utara, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat. Sementara di Asahan, Tengku Erry didampingi Wakil Bupati Surya dan Wali Kota Muhammad Syahrial di Tanjung Balai.

Kehadiran rombongan orang nomor satu di Sumut ini disambut antara lain, camat, TNI, Polri, para ASN, lurah dan kades, sejumlah relawan.

Tiba di lokasi banjir Langkat, Tengku Erry Nuradi juga meninjau posko dan berdialog bersama para warga korban banjir di bawah tenda darurat. Masyarakat sangat terharu, sebab Gubernur langsung turun ke lokasi banjir. ‘’Terima kasih Pak Gubernur mau melihat kondisi kami,’’ ucap ibu Marni, warga setempat. Hal serupa juga juga terlihat di Asahan dan Tanjung Balai, para korban banjir sangat terharu.

Gubsu Tengku Erry pada kesempatan itu mengaku prihatin melihat kondisi warga yang sudah beberapa hari menderita akibat dilanda banjir. “Kami turut berempati dengan penderitaan yang dialami masyarakat akibat banjir,” ucapnya.

Menurut Erry, jika ada bencana seperti ini, langkah awal pemerintah segera menurunkan tim SAR (Search And Recue), sebab upaya penyelamatan nyawa manusia dahulu yang perlu diutamakan.

Setelah itu, lanjutnya, baru masuk masa tanggap darurat. “Kami dari pemerintah memberikan bantuan dapur umum, pos kesehatan, dan bantuan darurat lainnya,” kata Erry Nuradi seraya mendokan, semoga musibah banjir segera berakhir.

Sementara dalam penanganan pasca banjir, lanjutnya, maka harus didata apakah ada infrastruktur, seperi jalan dan sekolah yang rusak. “Jika ada infrastruktur yang rusak, maka harus diusulkan untuk dibangun kembali,” sebut Erry.

Dalam peninjauan banjir di Langkat, Asahan dan Tanjung Balai tersebut, Tengku Erry menyerahkan sejumlah bantuan, berdialog dengan korban banjir yang masih menempati tenda darurat. ‘’Pemerintah Provinsi terutama BPBD provinsi maupun kabupaten kota harus senantiasa siaga dan diharapkan para kepala daerah se-Sumut cepat tanggap akan musibah seperti banjir ini maupun bencana alam lainnya,’’ demikian Tengku Erry. Berita Langkat, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini