Sumut dan Bekes County Teken Provinsi Kembar di Awal Desember

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) bersama salah satu provinsi di Hungaria (Hongaria), Bekes County direncanakan akan memperbaharui kerjasama Sister Province (Provinsi Kembar) pada Awal Desember tahun 2017.

Kepakatan akan menandatangani kerjasama baru Sister Province itu saat Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Budapest Hungaria, H.E Wening Esthyprobo bertemu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi di Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (17/10/2017).

Kunjungan Wening ke Sumut dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Gubsu ke Hungaria pada November tahun lalu untuk melanjutkan kerjasama Sister Province antara Sumut dan Bekes County.

Gubernur Sumatera Utara menyambut gembira rencana kunjungan balasan General Assembly Bekes County, Mihály Zalai pada awal Desember nanti. “Kami tentunya sangat gembira dan menerima dengan tangan terbuka. Terlebih lagi nantinya akan dilakukan penandatanganan kerjasama sister province yang baru, “ ujar Tengku Erry didampingi Kepala Bappeda Sumut Irman dan Kepala Biro Otda dan Kerjasama Basarin Tanjung.

Dalam pertemuan itu, Erry juga mengungkapkan harapannya agar kerjasama sister province antara Sumut dan Bekes County nantinya bisa lebih ditingkatkan lagi dengan lebih banyak bidang kerjasama. Seperti diketahui, kerjasama sister province antara Sumut dan Bekes County dilakukan sejak tahun 2010 dan oleh karenanya perlu diperbaharui.

Lebih jauh lagi, Tengku Erry juga mengungkapkan keinginannya agar kerjasama Sumut bisa diperluas dengan wilayah lain. Secara khusus Tengku Erry mengungkapkan keinginan agar Sumut bisa bekerjasama dalam hal pengelolaan danau.

“Kita memiliki Danau Toba yang terbesar di Asia Tenggara memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km, sementara itu di sana ada Danau Balaton yang terluas di Eropa Timur dengan panjang 77 km dan lebar 13 km. Kita berharap bisa digagas kerjasama, agar Sumut bisa belajar dalam hal pengelolaan kawasan danau,” ungkap Tengku Erry.

Dijelaskanya, banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dan dikembangkan dengan Hungaria. “Kita miliki Danau Toba di sana ada Danau Balaton, kita bisa menjajaki kerjasama dan Ibu Dubes diharapkan bisa menjadi jembatan Sumut dengan Hungaria,” harap Erry.

Menanggapi itu Wening mengatakan pihaknya akan menjajaki kerjasama dengan kawasan Danau Balaton sebagaimana yang diharapkan Gubernur Tengku Erry. “Nanti saya akan membantu untuk menindaklanjuti kemungkinan kerjasama, apalagi sudah ada mandat dari Pak Gubernur,” ujar Wening.

Memang diakui Wening bahwa manajemen pengelolaan Danau Balaton sudah cukup baik dan bisa dijadikan pembelajaran. “Kita bisa belajar manajemen pengelolaan danau yang dikaitkan dengan pengembangan pariwisata, ekonomi, pelestarian lingkungan hidup. Di sana ada festival setiap musim panas dimana digelar disetiap desa secara bergantian,” kata Wening. Berita Medan, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini