Hari Anak Nasional 2017
Foto: Sejumlah anak-anak tampak antusias saat memainkan permainan Congklak di acara Hari Anak Nasional 2017.

MUDANEWS.COM, Medan – Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) menggelar acara permainan tradisional kepada anak-anak di Lingkungan 17, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2017, Minggu (23/7/2017).

Pada kesempatannya Badriyah selaku ketua YAFSI mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli bertujuan untuk menghormati hak-hak anak di seluruh dunia. Tahun ini, YAFSI mengadakan perlombaan permainan tradisional dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional YAFSI

“Saat ini permainan tradisional sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak kita. Padahal, banyak nilai yang bisa didapat dari permainan tradisional ini. Hal itulah mengapa pada Hari Anak Nasional di tahun ini, YAFSI membuat lomba permainan tradisional,” terang Badriyah di Lapangan Lingkungan 17 Kelurahan Binjai, Medan Denai, disela-sela acara berlangsung.

Badriyah menjelaskan perlombaan yang akan dimainkan diantaranya lomba congklak, engklek, enggrang tempurung, gobak sodor dan kelereng. Selain itu ada perlombaan tarik tambang untuk kategori dewasa.

“Ada 150 anak yang ikut menjadi peserta yang berasal dari lingkungan sini. Selain itu, ada juga beberapa anak dampingan YAFSI dari lingkungan lain,” jelasnya.

Badriya juga menuturkan bahwa dalam Hari Anak Ini mereka mengangkat tema ‘membangun anak yang cerdas, kreatif dan mandiri’. Dia juga mengungkapkan bahwa tema tersebut bertujuan agar anak-anak saat ini kembali menikmati permainan tradisional yang dapat meningkatkan daya kreativitas.

“Jadi, kita kembali mengenalkan permainan tradisional kepada anak- anak ini, tanpa adanya permainan gadget,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut YAFSI bekerja sama dengan Senja Wiladhika Foundation (SWF) dan didukung oleh Himpunan Remaja Mesjid Amal Bakti (Hirmab).

Sementara, Priyanto selaku kepala lingkungan 17 Kelurahan Binjai, mengaku sangat mendukung acara tersebut.

“Saya senang dengan adanya acara ini di lingkungan kami. Jadi anak-anak kami dapat menikmati permainan tradisional dengan gembira,” tandasnya. Berita Medan, Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here