Sudah Menahun Tugu Raja Sang Naualuh Masih Sebatas Rencana

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Berita Siantar – Sumut . Pembangunan Tugu Sang Naualuh Damanik, yang telah dirintis sejak 2012 menjadi topik perayaan Hari Jadi Kota Pematangsiantar. Pada HUT Siantar ke146 rangkaian acara ziarah, Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak, memimpin Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Kota Pematangsiantar ke-146 di Gedung Harungguan DPRD Jalan Adam Malik, Selasa (25/4).

Pembangunan tugu tak kunjung terealisasi padahal peletakan batu pertama sudah pernah dilakukan di pertigaan Jalan Sutomo depan Ramayana Pematangsiantar.

Beragam wacana pun bergulir menyikapi tak kunjung dibangunnya Tugu Tokoh Perintis Pembangunan Kota Pematangsiantar ini. Padahal, semua pihak terkait sudah berkali-kali berkomitmen untuk segera merealisasikan monumen yang akan menjadi ikon serta referensi sejarah Kota Pematangsiantar.

Pihak keluarga Ahli Waris Raja Sang Naualuh yang diwakili Ny. Syah Alam Damanik Halimah boru Sinaga, kembali berharap agar pembangunan tugu tersebut segera direalisasikan tahun ini.

“Kami tidak tahu, apakah sudah mulai dibangun, apakah sudah ada panitianya, namun kami dari pihak Ahli Waris berharap agar pembangunannya bisa segera diselesaikan,”ujar istri dari cucu langsung Raja Sang Naualuh saat didaulat memberi sambutan.

Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak merespon permintaan pihak keluarga Sang Naualuh. Eliakiam menegaskan, bukti Pemko dan DPRD komit, anggarannya sudah ditampung pada APBD 2017 sebesar Rp 3 Miliar, bahkan sejak Perubahan APBD 2016 lalu juga sudah dianggarkan. Namun situasi politik saat itu akibat Pilkada tertunda, membuat pembangunannya belum terlaksana.

Di samping itu, untuk rembuk dan kesepakatan dengan pihak keluarga dengan Pemko Pematangsiantar, hingga saat ini belum tuntas dilakukan.

“Namun yang pasti, kita sudah komit untuk membangun Tugu Raja Sang Naualuh itu pada tahun ini,”katanya.

Sementara Wakil Walikota Hefriansyah menyatakan bahwa Pemko Pematangsiantar komit membangun Tugu Raja Sang Naualuh. Hal ini dibuktikan dengan alokasi anggaran yang telah ditampung pada APBD 2017, dan sudah bisa segera direalisasikan. Masalahnya, Pemko Pematangsiantar tak bisa bekerja sendiri membangunnya, butuh dukungan semua pihak termasuk pihak ahli waris dan pemangku adat Simalungun lainnya.

“Kami berdua dengan Ketua DPRD tak akan sanggup mengerjakannya, tapi harus didukung semua pihak. Kita butuh orang yang punya tanggungjawab moral dan mau membangkitkan gelora dan semangat Raja Sang Naualuh. Saya kira tak susah untuk merealisasikannya, jika kita semua punya komitmen dan tanggungjawab bersama,”katanya. Berita Siantar, Deva

- Advertisement -

Berita Terkini