Untuk Kali Ketiga RKI Siap Selenggarakan Dokan Arts Featival #3

Breaking News

- Advertisement -
Laporan: Wahyu Panjaitan
MUDANews.com, Medan (Sumut) – Rumah Karya Indonesia (RKI) sebagai lembaga yang fokus mengembangkan visi menjadikan seni tradisi sebagai sumber inspirasi, kreativitas dan pengetahuan untuk mencapai Indonesia yang berkepribadian dengan berbagai program yang berusaha merawat, memaknai dan menghidupkan tradisi. Untuk mewujudkan visi tersebut Rumah Karya Indonesia melaksanakan tiga program utama, yakni: Manajemen seni, Riset dan penerbitan, diskusi/seminar/workshop.
Salah satu kegiatan seni dan budaya RKI adalah Dokan Arts Festival #3, untuk kali ketiga RKI siap menggelar Dokan Arts Festival #3 pada 11-13 Mei 2017 mendatang. Festival yang telah diselenggarakan oleh Rumah Karya Indonesia ini bertajuk pada Kebudayaan dan Tradisi dan telah dilaksanakan pada tahun 2015 dan 2016 dengan progress penonton yang meningkat. Pada tahun 2015, pengunjung yang datang berkisar 2500 dan meningkat ke angka 3000 pengunjung di tahun 2016.
Pada kegiatan ini, Rumah Karya Indonesia yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo serta masyarakat Desa Dokan mencoba mengekspos Desa Dokan sebagai Desa Budaya yang menyimpan peradaban Karo dan kearifan lokal.
Tidak hanya itu, daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Desa Dokan adalah adanya keberadaan Rumah Adat Siwaluh Jabu, yang usianya berkisar ratusan tahun yang menyiratkan kekayaan adat masyarakat setempat.  Misteri Garam atau Sira (Red : Bahasa Karo) yang sangat banyak dan tidak pernah habis di salah satu rumah adat disana menjadi cerita budaya yang sangat menarik dan mengundang kehadiran turis lokal maupun turis asing. Oleh karena itu, pada penyelenggaraan Dokan ketiga ini akan dilakukan ritual penusur sira, yakni ritual yang akan menguak masa depan desa tersebut.
Untuk menyambut event ini, maka akan dilaksanakan Pra Event Dokan Arts Festival #3 pada Minggu, 2 April 2017, pukul 20.00 WIB di Pelataran Berastagi Food Court. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan Dokan Arts Festival #3 sekaligus menggalang dana untuk mendukung kegiatan tersebut. Pre event ini menghadirkan pekarya-pekarya seni Sumatera Utara yang diantaranya adalah : Agus Susilo (At Minus Underscore : Harus Jadi Presiden), Simalem Art (Instrumental musik tradisi), Efri Ejayani (Penyanyi Pop Lokal), Audio Corner (Top 40), dan BFC Home Band.[rd]
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër
- Advertisement -

Berita Terkini