Pembukaan Kongres AMAN di Medan
Laporan: Yogoy
MUDAnews, Nasional – Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN) ke V, dimeriahkan dengan pawai budaya dari masyarakat adat, Jumat (17/03/2017) pagi. Pawai budaya ini adalah rangkaian acara Kongres yang digelar sejak tanggal 15 Maret 2017 hingga berakhir 19 Maret 2017.
Dalam pawai itu, berbagai pakaian adat dan kesenian daerah ditampilkan. Salah satu peserta yang cukup menarik perhatian adalah masyarakat adat dari Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.
Mereka memakai pakaian Kawasaran lengkap dengan peralatan perang, pedang Santih. Mereka juga menampilkan sebuah tarian ritual.
“Ini biasanya dipakai untuk perang. Dan tarian itu adalah ritual sebelum dan sesudah perang,” kata seorang wanita yang ikut dalam rombongan.
Pawai dimulai dari Balai Adat dan menyusuri Kampong Tanjung Gusta hingga berakhir Simposium (Ruang Utama) KMAN. Tidak kurang dari 2000 komunitas adat ikut meramaikan pawai tersebut.
Pawai berlangsung di atas jalanan becek. Jalan ini adalah hasil gotong royong masyarakat adat Tanjung Gusta. Meski begitu, peserta tampak semangat mengikuti jalannya pawai. (Goy)