Kekuatan Aron dan Runggu dalam Festival Senembah 2017 Mendatang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Deli Serdang (Sumut) – Aron atau yang dikenal sebagai budaya gotong royong dan Runggu yang dikenal sebagai musyawarah adalah dua dari banyak budaya yang ada pada Suku Karo

Hal ini dikatakan oleh budayawan sekaligus Ketua Panitia Festival Urung Sinembah 2017, Ahmad Arief Tarigan. Kekuatan Aron dan Runggu ini akan diterapkan pada pelaksanaan Festival Senembah 2017 yang rencananya digelar pada 20-23 April 2017 mendatang.

“Melalui Festival Urung Sinembah 2017 ini kita akan memperkuat spirit Aron dan juga Runggu itu, inilah kontribusi masyarakat Urung Sinembah untuk kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini.  Aron itu adalah kata lain dari gotong royong dan runggu itu adalah musyawarah untuk mufakat,” katanya kepada MUDANews.com saat diwawancarai seusai menghadiri acara silaturahmi dan diskusi kegiatan Festival Urung Sinembah yang digelar oleh Raja Urung Senembah Wan Chaidir Barus di Rumah Mbelin Urung Senembah, Jalan Pertahanan, Patumbak, Deli Serdang, Sabtu (21/1).

Selain itu, Arief juga menjelaskan, spirit budaya gotong royong (Aron) dan juga musyawarah (Runggu) dapat menjadi modal awal untuk pengembangan kekayaan yang ada pada diri masyarakat Urung Sinembah.

“Melihat keberadaan masyarakat urung sinembah yang kaya akan potensi dari berbagai sisi, baik dari sisi ilmu pengetahuan, budaya maupun pengembangan ekonomi pariwisata dan kita melihat potensi ini harus bisa kita aktualisasikan dalam bentuk-bentuk kreatifitas dan itu bisa diwujudkan melalui spirit Aron dan juga Runggu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Arief juga mengungkapkan bahwa semangat gotong royong dan juga musyawarah lah yang membangun NKRI ini hingga memiliki kekayaan budaya yang luar biasa.

“Indonesia itu dibangun dari Sabang sampai Merauke yang masyarakatnya itu punya kekayaan dan punya keunikan budaya, itu dikarenakan kuatnya spirit gotong royong dan juga musayawarah yang ada pada diri masyarakat Indonesia, seperti itu jugalah kekuatan Aron dan Runggu yang ada pada masyarakat Urung Sinembah,” kata Arief yang juga merupakan alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini