Satlinmas Kabupaten Ciamis, Ikuti Pelatihan Perlindungan Masyarakat
Saat kegiatan Pelatihan Perlindungan Masyarakat

MUDANEWS.COM, Ciamis – Ratusan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang ada diwilayah Kabupaten Ciamis, mengikuti pelatihan perlindungan masyarakat.

Kabid Linmas Dinas Satpol PP Kabupaten Ciamis, Drs Rismunandar, ditemui usai acara pelatihan Satlinmas di Aula Kecamatan Banjarsari, Rabu (07/08/2019), mengungkapkan bahwa pelatihan Satlimas kali ini diikuti oleh para anggota linmas dari masing-masing Desa, di 5 wilayah Kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Adapun untuk jumlah peserta dari masing-masing Desa sebanyak 10 orang, dan untuk peserta dimasing-masing Kecamatan, tergantung pada jumlah Desa, yang ada diwilayah Kecamatan tersebut.

Lanjut Rismunandar, “untuk pelatih kali ini para anggota linmas dibekali keterampilan, dan kemampuan untuk tanggap bencana alam”.

“Kita mengupgrade kemampuan para anggota linmas tersebut, khususnya menanggapi musibah bencana alam,” ungkapnya.

Dengan diisi pemateri dari Tagana Kabupaten Ciamis, diharapkan bahwa para anggota linmas ini mampu memberikan pertolongan, dan bantuan kepada para korban musibah bencana alam, yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Sehingga dengan pelatihan ini dapat menjadi pionir dalam penanganan bencana yang sigap dan tanggap berbasis masyarakat.

“Intinya, pelatihan ini untuk mempermudah dan mempercepat akses jalur koordinasi agar lebih efisien dan efektif,” jelasnya.

Satlinmas Kabupaten Ciamis, Ikuti Pelatihan Perlindungan Masyarakat
Saat penyampaian materi oleh Tagana Kabupaten Ciamis

Rismunandar, menambahkan bahwa dengan keterlibatan Tagana Kabupaten Ciamis, dalam memberikan materi, dan simulasi tanggap bencana, mampu menjadikan para anggota linmas tersebut bisa lebih meminimalisir kemungkinan musibah bencana yang terjadi kapan saja di sekitar tempat tinggalnya.

Satlinmas Kabupaten Ciamis, Ikuti Pelatihan Perlindungan Masyarakat
Saat penyampaian materi oleh Tagana Kabupaten Ciamis

“Sehingga warga bisa lebih tenang ketika menghadapi bencana karena skill dan kemampuan para anggota linmas yang mumpuni di tengah-tengah mereka,” tandasnya. Berita Ciamis, BQ