Ratusan Petani Simalungun
Antusias Petani

MUDANEWS.COM, Simalungun – Petani hutan di Kecamatan Girsang Simpangan Bolon Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara. Mereka mengikuti verifikasi tehnis Perhutanan Sosial, untuk mendapatkan Ijin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHkm) pada Rabu (21/11/2018).

Charles Situmorang ketua kelompok tani Maju Bersama mengatakan, petani sangat antusias dengan program pak Presiden Jokowi sehingga dari pemohon Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHkm) sebanyak 350 KK, mereka hadir bersama keluarganya Sekitar 600 – 700 orang.

Sementara Carkaya Pendamping dari Masyarakat Peduli Pangan (Mapan) Indonesia, menjelaskan Petani ini sudah menggarap dikawasan hutan lindung puluhan tahun tanpa ada suport dari pemerintah, dengan izin IUPHkm mereka mendapat akses legal tanah tentunya juga berhak mendapat subsidi pupuk, bantuan modal, pendampingan dan akses pasar dari pemerintah.

“Perhutanan sosial adalah salah satu nawacita Presiden Jokowi Terkait Reforma Agraria. Antusias petani adalah bukti bahwa rakyat sangat mendukung program kerakyatan Presiden Jokowi, Yang memberikan aset dan akses kepada rakyat untuk peningkatan dan pemerataan ekonomi,” ujar Wendi Ketua DPD Sumut Masyarakat Peduli Pangan (Mapan) Indonesia. Berita Simalungun, MN