Batubara
Para peserta pelatihan foto bersama usai mengikuti pelatihan mesin yang diadakan oleh DInas Perikanan Batubara

MUDANEWS.com, Batubara | Dinas Perikanan Batubara melaksanakan kegiatan program pengembangan perikanan tangkap dan pelatihan teknis nelayan perikanan tangkap, yang dilaksanakan di Gedung Sekaya Maritim Desa Suka Maju, Tanjung Tiram Kabupaten Batubara, selasa (27/2/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Prikanan Batubara Haji Ishak menyampaikan dalam pelatihan agar mengikuti secara seksama, dan membawa hasil karya tersebut ke dalam kehidupan sehari, agar dapat diapilkasikan dalam mengembangkan ilmunya dalam pelaksanaan rutinitas sehari-hari.

Ishak juga mengingatkan dalam pelatihan ini, harus mengedepankan kerja sama, dan saling bertukar informasi, dan saling berbagi pengetahuan kita harus mengikuti sebagaimana slogan presiden Jokowi, yaitu kerja, Kerja, Kerja dengan profesional dan cerdas.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 27-28 Februari 2018, diikuti 80 peserta yang terdiri dari kelompok nelayan yang ada di Batubara.

Adapun pelatihan yang dilaksanakan yaitu pelatihan perawatan mesin kapal dan mesin dompeng. Ade Genting Kabid Pemberdayaan Masyarakat Pesisir didampingi oleh Rahman Rezeki Kasi Pembinaan Pemberdayaan Nelayan dan Masyarakat Pesisir Perikanan kepada mudanews.com mengatakan kegiatan ini, bertujuan agar para nelayan yang ada di Batubara lebih profesional dan cerdas dalam menganalisa berbagai problem yang dialami saat melaut dapat diatasi.

Ade berharap, agar para nelayan yang dilantik dapat mengembangkan ilmunya dan dapat menularkan ilmu tersebut kepada nelayan lain agar Perikanan Batubara semakin maju. Kegiatan yang diisi oleh pemateri yang berasal dari SMK 1 Air Putih Sulistiyo ini, diikuti secara seksama oleh 40 nelayan.

“kegiatan ini akan terus dilaksanakan, sampai output yang diharapkan dapat tercapai.” terang Ade. Erwin/MN.