Foto: Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution M.Si saat meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Medika, Selasa (12/12) siang.

 MUDANEWS.COM, Medan – Pihak Rumah Sakit diharapkan dapat membantu pasien yang tidak mampu secara ekonomi melalui berbagai program jaminan kesehatan masyarakat.

Harapan ini disampaikan Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution M.Si saat meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Medika, Selasa (12/12) siang.

Akhyar juga berharap nantinya ketika Rumah Sakit Umum yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Harjosari I, Medan Amplas ini mulai beroperasi, tidak membeda-bedakan pelayanan bagi pasien dari kalangan mana pun.

Dalam peresmian yang dihadiri Komisaris PT Mitra Medika Insani Dr dr Hj Arifah Devi Fitriani MKK, Direktur RS Mitra Medika Dr H Syahrial R Anas MHA, Pengamat Kesehatan Sumatera Utara, Prof Chairuddin Lubis, para dokter, dan segenap pejabat Pemko Medan itu, Wakil Walikota mengungkapkan, sampai saat ini Pemko Medan berupaya maksimal untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui berbagai program yang dijalankan Dinas Kesehatan, mulai dari pencegahan sampai pengobatan.

Selain itu, lanjutnya, terdapat sedikitnya 59 rumah sakit umum dan 19 rumah sakit khusus, baik swasta maupun pemerintah, yang telah berdiri di Medan untuk melayani masyarakat, ditambah lagi dengan kehadiran puskesmas dan puskesmas pembantu di kecamatan-kecamatan yang menunjukkan Kota Medan terus berkomitmen tingkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Namun perlu diakui, ada beberapa rumah sakit yang fasilitasnya masih relatif minim.

“Saya berharap seluruh pihak rumah sakit ini terus berkembang dan membangun secara mandiri demi melayani masyarakat, sehingga masyarakat semakin nyaman berobat di Kota Medan,” ungkap Akhyar.

Sementara itu, Dirut RSU, Dr H Sjahrial Anas mengungkapkan, dengan diresmikannya rumah sakit ini menjadi beban amanah bagi kami untuk menjalankan rumah sakit ini sebaik-baiknya bagi kemashalatan umat.

“Kehadiran kami bukan untuk bersaing, melainkan menjadi penyedia layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Medan sebagaimana yang juga menjadi visi misi dari Pemko Medan,” sambung Sjahrial.

Peresmian itu ditandai dengan pelepasan balon dan penguntingan pita oleh Wakil Walikota Medan yang dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas RSU Mitra Medika.

Disamping itu peresmian juga dirangkaikan dengan Penandatanganan MOU antara RSU Mitra Medika dengan BPJS sekaligus penyerahan bantuan berupa 1000 kartu BPJS secara gratis kepada masyarakat miskin di Kota Medan. (md-03)