Foto: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan kepada Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si, Selasa (12/12).

MUDANEWS.COM, Medan – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan kepada Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si, Selasa (12/12).

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terimakasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan sehingga pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-99 Tahun Anggaran 2017 di wilayah Kodim 0201/BS berjalan dengan sukses dan lancar serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

Penghargaan ini diberikan Panglima TNI diwakili Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Mulyono bersama Kepala Staf Umum (Kasum) Laksmana Madya TNI Didit Herdiawan dalam acara Rapat Paripurna TMMD ke-38 Tahun Anggaran 2017 di Balai Sudirman, Jakarta.

Selain Walikota Medan, dua kepala daerah lainnya yakni Bupati Kabupaten Puwarkarta H Dedi Mulydi SH dan Bupati Mahakam Ulu Ruslan SH, MH juga mendapatkan penghargaan yang sama. Dengan penghargaan yang diberikan ini, diharapkan kepala daerah lainnya dapat mendukung pelaksanaan TMMD di wilayahnya masing-masing.

Dalam sambutannya mewakili Panglima TNI, Kasum TNI Laksama Madya Didit Herdian mengatakan, TMMD telah dilaksanakan sejak tahun 1980, dimana dulu namanya dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD). Pelaksanaan TMMD ini dilaksanakan di seluruh NKRI yang bertujuan untuk percepatan pembangunan nasional, khususnya daerah terpencil dan perbatasan.

Dikatakan Kasum, anggaran yang dikeluarkan oleh TNI untuk pelaksanaan kegiatan TMMD di seluruh Indonesia cukup besar.

“Untuk itulah melalui program TMMD ini diharapkan dapat membangkitkan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong, serta membantu percepatan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Kasum.

Sementara itu menurut Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab pelaksanaan TMMD, pelaksanaan rapat paripurna ini dilakukan setiap tahun usai dilaksanakannya TMMD. Tujuannya untuk melakukan evaluasi sehingga pelaksanaan TMMD yang akan dilakukan di tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari TMMD TA 2017, jelas Kasad, ternyata banyak diperoleh hal yang positif dan semua program yang telah dipersiapkan berjalan dengan baik.

“Malah antusiasme dari pemerintah daerah sangat tinggi. Bahkan ada beberapa kabupaten dan kota yang mendukung dan menambah anggaran untuk TMMD sehingga hasilnya sangat memuaskan sekali,” jelas Kasad.

Atas dasar itulah sebagai bentuk apresiasi, Kasad mengatakan, TNI pun memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap kepala daerah yang sangat mendukung pelaksanaan TMMD di wilayahnya masing-masing. Diharapkan melalui penghargaan tersebut, kepala daerah lainnya dapat mengikuti sehingga pelaksanaan TMMD akan jauh lebih baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dikatakan Kasad lagi, mulai tahun 2017, pelaksanaan TMMD yang selama ini dilakukan dua kali dalam setahun akan dilakukan tiga kali dalam setahun.

“Dengan demikian memberikan kesempatan yang luas bagi kita untuk senantiasa menunggal dengan rakyat, serta pemerintah daerah pun dapat dengan leluasa menentukan sasasaran. Apalagi TMMD yang selama ini juga dilakukan selama 21 hari akan ditambah menjadi 30 hari sehingga penyelesaian sasaran dapat lebih leluasa lagi dalam menyelesaikannya,” ungkapnya.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S. M.Si mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Panglima TNI tersebut. Sebab, dukungan dan bantuan yang diberikannya pada pelaksanaan TMMD ke-99 TA 2017 yang dipusatkan di Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan beberapa waktu lalu dalam rangka percepatan pembangunan di kawasan tersebut.

“Kegiatan TMMD tentunya sangat membantu Pemko Medan dalam mendukung percepatan pembangunan di kawasan Kelurahan Sicanang. Itu sebabnya kita sangat mendukung penuh pelaksanaan TMMD, sebab kegiatan ini merupakan program percepatan pembangunan di wilayah pedesaan, terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal,” kata Walikota.

Oleh karenanya Walikota menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, khususnya Kodim 0201/BS yang telah menjadikan Kota Medan sebagai wilayah TMMD ke-99, khususnya Kelurahan Sicanang. Dengan TMMD yang dilakukan, Walikota mengatakan infrastruktur di kawasan itu dapat terbangun dan bermanfaat bagi warga.

“Terimakasih kepada TNI yang telah menjadikan Kelurahan Sicanang masuk dalam program TMMD. Apa yang telah dibangun oleh pihak TNI, khususnya Kodim 0201/ BS, akan Pemko Medan lanjutkan dan dirawat sehingga dapat mendukung kepentingan masyarakat sekitar,” ungkapnya. (md-03)