Foto: Kota Medan berhasil menjadi Juara Umum MTQ ke 36 Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Kabupaten Dairi.

MUDANEWS.COM, Dairi – Kota Medan berhasil menjadi Juara Umum MTQ ke 36 Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Kabupaten Dairi.

Nilai yang diraih Medan adalah 110, disusul Kabupaten Serdang Bedagai dengan nilai 49, Kabupaten Dairi 31, Binjai nilai 30, Deliserdang nilai 24, Langkat nilai 22, Asahan nilai 18.

Adapun penampilan yang cukup baik diperlihatkan kafilah pada cabang Tilawah Alquran untuk kelompok dewasa Putra dan Dewasa putri, Tartil Putra dan Tartil Putri, golongan Qirsab Muratal Remaja Putri, golongan Hifzh Alquran untuk 10 juz dan MSQ putra dan MSQ Putri.

Sedangkan, untuk Kafilah Khusus PTPN IV nilai 14, Tebingtinggi nilai 11 dan Batubara nilai 8. Selain itu, dua orang peserta yang hafal Alquran 30 JUS mendapat hadiah masing-masing 1 unit sepedamotor yakni Hasan Basri (9) dan Istiqomah keduanya berasal dari Asahan.

Wakil Gubernur Sumatera Dr Hj Nurhajizah Marpaung yang menutup pelaksanaan MTQ 36 Sumut di Kabupaten Dairi, Kamis (30/11), menilai MTQ yang digelar cukup sukses dan Kota Medan berhasil menjadi juara umum.

Wagubsu sempat merasa khawatir dengan pelaksanaan MTQ Sumut di Dairi, karena selain Ketua Panitia MTQ 36 di Dairi bukan berasal dari umat muslim dan muslim di daerah tersebut merupakan minoritas.

“Alhamdulillah, saya sangat terharu pelaksanaan MTQ 36 di Dairi berjalan dengan baik dan sukses. Ini menunjukkan bahwa tingkat kerukunan beragama di Dairi sangat baik dengan dukungan dari semua golongan juga agama Insya Allah,” ujarnya. (md-03)