Pemkab Labura
Foto: Grup nasyid Labura yang tidak jadi berangkat pada Festival Nasyid tingkat Nasional di Padang.

MUDANEWS.COM, Labura – Tim Nasyid Kabupaten Labuhanbatu Utara gagal tampil mewakili Sumatera Utara dalam Festival Nasyid tingkat Nasional di Padang, Sumatera Barat.

Isak tangis puluhan anggota tim nasyid Kabupaten Labuhanbatu Utara pecah. Dengan perasaan kecewa tim nasyid Labura tersebut bercerita kepada wartawan dikarenakan ada tim lain mewakili Sumut yaitu dari DPW Lembaga Seni Qasidah Indonesia (DPW LASQI) Provinsi Sumut.

Akibatnya, tim nasyid Labura terkatung-katung di Padang selama 4 hari. Hal itu dikatakan ketua harian Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Seni Nasyid (LPPSN) Kabupaten Labura, Idris Aritonang SSosI. Dikatakannya, dirinya sangat menyesalkan kejadian yang mereka alami bersama puluhan anak asuhnya.

“Kami tim nasyid Labura sangat kecewa sekali, dimana kami merupakan utusan Provinsi Sumut berdasarkan SK yang ditandatangani Sekda Provinsi untuk mengikuti ajang festival nasyid tingkat nasional di Padang Sumbar tidak jadi tampil,” kata Idris dengan penuh kekesalan, Senin (27/11/2017).

Kekecewaan Idris bersama puluhan anak asuhnya itu sangat melukai perasaan mereka dan warga Labura yang mana masyarakat dan Pemkab Labura sudah banyak membantu dan memfasilitasi persiapan sejak tingkat kabupaten di Medan. Saat itu, tim nasyid Labura menjuarai grup nasyid dewasa putra/putri. Labura meraih Juara II umum dan menjadi utusan Sumut tampil di tingkat nasional.

Sementara itu, Ketua DPW LASQI Sumut Dr Dedi Iskandar Batubara MSi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa tidak ada dualisme LASQI. Dikatakannya, DPP LASQI hanya mengeluarkan satu SK. Saat ditanya tentang festival nasyid tingkat provinsi yang digelar di asrama haji Medan baru-baru ini, pihaknya mengatakan tidak ingin mencampuri urusan orang lain.

“Tidak ada dualisme LASQI. DPP LASQI menghunjuk kami untuk sebagai pengurus DPW. Seleksi duta untuk nasyid tingkat nasional kami lakukan pada 31 Oktober di kantor PW Al-Washliyah,” kata Dedi. Berita Labura, Ahmad Maherdika Hsb