Ibu-ibu Kini Bisa Cek Harga Kebutuhan Pokok lewat sikapmedan.com

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan meluncurkan Sistem Informasi Ketahanan Pangan Medan untuk memaksimalkan pelayanan informasi seputar ketahanan pangan, baik harga, kualitas, maupun stok. Web yang juga menyediakan pelayanan pengaduan warga itu bernama sikapmedan.com.

Peluncuran dilakukan oleh Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Ir Qamarul Fattah M.Si, di kantor Walikota Medan, Rabu (22/11).

Turut hadir dalam peluncuran itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Muslim S.Sos, M.SP, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Arif Budi Santoso, dan segenap pelaku usaha UKM dan UMKM dari seluruh kecamatan di Medan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Qamarul, Walikota mengatakan, sebagai sebuah gagasan yang mengikuti perkembangan zaman, website sikapmedan.com ini diharapkan mudah diterima dan digunakan masyarakat Medan.

Dengan dukungan Pemko Medan dan stakeholder diharapkan pula website ini akan mengalami perkembangan secara tampilan, bentuk, maupun fitur-fitur di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Medan.

Walikota juga meminta agar sikapmedan.com ini dapat difungsikan dengan sebaik-baiknya, demi tersedianya informasi harga kebutuhan pokok yang akurat dan mudah diakses serta menyediakan wadah bagi masyarakat untuk memberikan dan meminta informasi yang berkaitan dengan ketahanan pangan.

“Kita juga berharap keberadaan website ini sekaligus bermanfaat bagi masyarakat agar dapat memantau harga barang dan bahan pokok secara langsung,” ucap Walikota seraya menambahkan, tentunya website ini harus terus disosialisasikan kepada masyarakat secara luas melalui media luar ruang dan mobil siaran keliling.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muslim Muslim S.Sos M.SP mengungkapkan, website ini merupakan hasil penyempurnaan website sebelumnya yang hanya menampilkan profil dinas.

Mengingat perlunya informasi harga yang realtime hari dan perlunya feedback melalui pengaduan masyarakat partisipan, maka Dinas Ketahanan Pangan meluncurkan website ini.

Dia menjelaskan, sikapmedan menyediakan informasi harga pangan pokok di enam pasar yakni Pasar Titi Kuning, Pusat Pasar, Petisah, Simpang Limun, Kampung Lalang, dan Marelan. Harga komoditi yang diinformasi ada 27, di antaranya beras, cabe, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, daging sapi, dan telur.

“Selain itu kita juga akan memberi informasi soal kuliner khas Medan dan bagaimana cara mendapatkannya. Yang jelas website ini dapat digunakan oleh seluruh setiap orang dan dimanfaatkan oleh pelaku usaha,” ungkapnya. (md-03)

- Advertisement -

Berita Terkini