Wabup Labura
Foto: Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs. Dwi Prantara MM saat membuka Rakor dan Sosialisasi beberapa waktu lalu.

MUDANEWS.COM, Labura – Wakil Bupati Labura Drs Dwi Prantara mengungkapkan Bhabinkamtibmas berperan penting dalam mengawasi dana desa.

Hal itu diungkapkan Wabup saat membuka Rapat koordinasi dan sosialisasi nota kesepahaman antara Kementerian Desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, kementerian dalam Negeri dan kepala kepolisian Republik Indonesia di gedung serbaguna Kantor Bupati Labura, Senin (31/10/2017) silam.

Dikatakannya, bahwa hal tersebut adalah hasil kerjasama dua menteri dengan pihak kepolisian, dengan upaya untuk menghindari terjadinya penyimpangan dana desa. Dalam hal ini Polri akan memberdayakan para bhabinkamtibmas yang ada di desa untuk turut berperan mengawasi dana desa.

“Intinya semua ini adalah untuk memperkuat pengawasan dana desa,” tutur Dwi Prantara.

Mas Dwi juga menjelaskan bahwa dana desa harus secara optimal dimanfaatkan oleh desa. Keterlibatan masyarakat harus benar-benar dimaksimalkan penyelenggara dana desa harus padat karya, tidak boleh dipihak ketigakan.

“Saya berharap pihak kepolisian dapat menjadi penggerak dan mengorganisir masyarakat desa, serta membimbing pihak aparatur desa untuk menyusun program dengan baik,” harap Mas Dwi.

Pada kesempatan itu dilaksanakan juga sosialisasi dari Kanit Tipikor Polres Labuhanbatu Iptu Krismat Indratno Napitupulu SE MH, dari LKPP (Lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa Pemerintah) Dr Ahmad Feri Tanjung SH MM MKn, dari Inspektorat Labura Bapak Armada, dan dari Pemdes Muhammad Amril SE yang langsung dimoderatori Kadis PMD Labura Drs Sofyan Yusma MSi. Hadir juga Camat se Labura, Kepala desa dan lurah se Labura, serta Kapolsek se Labura. Berita Labura, Ahmad Maherdika Hsb