Walikota Medan Ultimatum Pejabat Baru, Bangun Sinergitas dan Kebersamaan Layani Masyarakat dengan Baik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam upaya penyegaran dan pemenuhan kebutuhan birokrasi efektif sekaligus memacu pembangunan serta memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik 196 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemko Medan, Kamis (19/10).

Pejabat struktural yang dilantik itu meliputi sekretaris kecamatan (Sekcam), lurah dan kepala seksi (Kasi). Namun ada yang lain dalam pelantikan kali ini, biasanya Walikota melakukan pelantikan di dalam gedung yang dilengkapi dengan mesin pendingin ruangan. Kali ini justru dilakukan di tempat terbuka yakni Lapangan Benteng Medan dan di bawah terik matahari.

Selain unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan camat, pelantikan juga disaksikan keluarga, kepala lingkungan serta masyarakat. Melalui pelantikan di tempat terbuka ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan sinergitas yang kuat.

Dihadapan seluruh pejabat struktural yang dilantik itu, Walikota menyampaikan ada 3 tugas dan fungsi yang harus dijalankan yakni menumbuh kembangkan komitmen, sikap dan perilaku kerja yang positif guna mewujudkan mental kerja baja. Kemudian membangun kerjasama yang semakin kokoh di lingkungan kerja sehingga dapat menyelenggarakan tupoksi lebih baik.

Yang terakhir kata Walikota, meningkatkan wawasan tugas dan fungsi OPD sehingga memiliki kemampuan teknis untuk menyelenggarakan tupoksi dengan lebih baik, tepat waktu dan sasaran. Dengan penyegaran yang dilakukan ini, Walikota berharap para pejabat yang baru dilantik dapat mewarnai pembangunan di Kota Medan serta peduli dengan apa yang menjadi keluhan tuntutan masyarakat.

“Lebih penting lagi, saudara-saudara harus selalu peka, peduli dan responsif terhadap berbagai tuntutan kebutuhan masyarakat. Saya tidak mau lagi mendengar ada imbalan dibalik layanan yang diberikan kepada masyarakat. Apabila saya mendengar dan mendapatinya, langsung saya ambil tindakan tegas,” kata Walikota.

Untuk itulah Walikota me-warning seluruh pejabat yang baru dilantik ini agar dapat menjalankan semua amanah dengan sebaik-baiknya.

“Jika tugas dan amanah ini tidak dapat dijalankan, maka saya tegaskan jangan harap saudara tetap menjadi sekcam, lurah atau pun kasi lagi!” tegasnya.

Selanjutnya melalui pelantikan yang dilakukan ini, Walikota minta kepada camat agar mengetahui seluruh kejadian sekecil apapun yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Sebab, camat memiliki sekcam, lurah dan kepala lingkungan.

“Jadi mulai saat ini apabila camat saya tanya tentang yang terjadi yang di wilayahnya, mereka harus tahu,” ujarnya.

Oleh karenanya Walikota menegaskan, mulai saat ini camat harus bisa membangun sinergitas dan kerjasama dengan sekcam, lurah dan kepling. Artinya, sekcam, lurah dan kepling harus dijadikan sebagai kawan dan mitra kerja. Dengan terbangunnya kebersamaan ini, Walikota tidak mau lagi mendengar ada lurah yang ditakuti keplingnya dan camat ditakuti lurahnya.

“Ingat, kita adalah team work yang berada dalam satu kapal besar bernama Pemko Medan. Jangan pernah sekalipun jadikan bawahan sebagai objek tertentu, justru jadikanlah mereka mitra kerja yang baik. Untuk itu marilah kita jadikan pelantikan ini sebagai momentum terbaik untuk membangun kebersamaan dan sinergitas dalam rangka menjadikan Kota Medan lebih baik ke depannya,” harapnya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Walikota berpesan agar seluruh pejabat yang baru dilantik ini bahwasanya kinerja dan prestasi kerja akan senantiasa menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan kota. Karena itu bekerja dengan sungguh-sungguh dan tulus serta penuh keikhlasan.

“Saudara-saudara harus tunjukkan loyalitas yang tinggi dan tidak mudah goyah. Saya ingatkan untuk tidak pernah sekalipun melepaskan momentum untuk berkarya dan berprestasi lebih baik atas tugas-tugas dan fungsi yang telah diamanahkan kepada saudara-saudara saat ini. Serta layanilah masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa mengharapkan imbalan apapun!” pungkasnya.

Salah satu pejabat yang dilantik itu yakni Baharuddin Ritonga SSTP menjadi Sekcam Medan Sunggal. Sebelumnya Baharuddin menjabat Lurah Silalas, Kecamatan Medan Barat. Promosi ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang dilakukan Baharuddin selama diamanahkan menjadi Lurah Silalas atas prestasi yang diraihnya seperti Juara I Lurah Terbaik Tingkat Provinsi Sumut dan Juara III Lurah Terbaik Regional Sumatera. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini