Dirjen Buddha Ajak Optimalkan Fungsi Vihara untuk Pemberdayaan Umat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dirjen Bimas Buddha Caliadi meresmikan pembangunan Vihara Sinar Buddha Indonesia di Medan. Seremonial peresmian ditandai dengan pengguntingan pita bersama para Bikhu dan tokoh agama Buddha.

“Saya mengajak semua pihak untuk mengoptimalkan fungsi vihara ini dalam pemberdayaan umat,” terang Caliadi saat memberikan sambutan peresmian di Medan, Minggu (15/10).

Tampak hadir dalam peresmian ini Walikota Medan, Pangkosek Lanud III, Danlanud, Kapolrestabes Medan, Dandim 02/01 BS, Anggota DPRD Sumut dan DPRD Medan, Ketua Walubi Sumut, serta sekitar 1.000 umat Buddha.

Vihara Sinar Buddha Indonesia terletak di komplek CBD Polonia Medan, Sumatera Utara. Vihara ini dibangun dalam kurun waktu dua tahun. Sebelumnya, hamper 25 tahun umat Buddha di Medan menjalankan ibadahnya di Vihara Dharma Shanti yang terletak di Jalan Gandi Dalam, Medan.

Selain untuk tempat ibadah, Vihara baru ini juga akan difungsikan sebagai tempat meditasi, pendidikan, juga Blia atau Perkumpulan Sinar Buddha Indonesia yang bergerak di bidang sosial keagamaan.

Menurut Caliadi, fungsionalisasi vihara tidak hanya dapat dilihat dari intensitas penggunaannya bagi pelaksanaan ibadah semata. Lebih dari itu, vihara harus berdaya guna dalam konteks pemberdayaan umat, termasuk dalam menjawab berbagai persoalan umat.

“Vihara harus mampu dijadikan sarana menggali berbagi potensi umat Buddha dan menyelesaikan persoalan umat Buddha,” pesannya.

Dalam konteks ini, kata Caliadi, setidaknya ada tiga langkah konkrit yang bisa dilakukan, yaitu: perbaikan manajemen vihara sebagai rumah ibadah agama Buddha, perluasana kegiatan dan program kerja, serta memaksimalkan potensi umat Buddha.

“Jangan sia-siakan keberadaan vihara indah dan megah ini. Isilah dengan berbagai aktivitas untuk memperkuat keyakinan,” tuturnya.

Hal sama disampaikan Ketua Umum Walubi Siti Hartarti Murdaya. Melalui sambutan yang dibacakan oleh Ketua Walubi Sumatera Utara, Hartati mengajak umat Buddha memanfaatkan vihara baru itu untuk bersama-sama memajukan moralitas umat manusia.

“Sebagai umat Buddha, perbanyaklah amal dan kebajikan. Ikutilah apa yang diajarkan oleh Maha Guru Agung kita Sakyamuni Buddha,” pesannya. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini