Walikota Ajak Masyarakat Latih Anak Cuci Tangan Pakai Sabun Sejak Dini

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, MSi mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk semakin meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam upaya memelihara kebersihan dan kesehatannya. Kemudian melatih anak-anak sejak dini mencuci tangan dengan memakai sabun, sebab hasilnya akan sangat berarti bagi kelangsungan hidup generasi penerus bangsa ini ke depannya.

Ajakan ini disampaikan Walikota ketika menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Tangan Sedunia Tingkat Kota Medan di SD Model Perguruan Al Azhar Medan Jalan Pintu Air IV Medan, Sabtu (14/10).

Dikatakan Walikota, 15 Oktober telah ditetapkan PBB sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Artinya, seluruh dunia melaksanakan gerakan cuci tangan memakai sabun dan air bersih. Kegiatan ini dinilainya sebagai salah satu upaya untuk memotivasi jutaan umat di seluruh dunia agar membiasakan diri hidup bersih dan sehat.

Menurut Walikota, banyak manfaat yang diperoleh dengan mencuci tangan pakai sabun sebelum atau sesudah melaksanakan aktifitas, diantaranya terhindari penyakit diare dan pneumonia.

“Kedua penyakit inilah yang pada umumnya banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa,” kata Walikota.

Mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan ini menyadari, tujuan pembangunan kesehatan tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, melainkan juga setiap sektor. Untuk itulah Walikota minta kepada seluruh jajaran kecamatan, kelurahan sampai lingkungan selaku ujung tombak pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat supaya mengkampanyekan gerakan cuci tangan pakai sabun ini.

“Marilah dengan semangat kemitraan, kita selenggarakan pembangunan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri dan sejahtera, terutama di Kota Medan yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Tangan Sedunia Tingkat Kota Medan yang digelar ini merupakan hasil kerjasama TP PKK Kota Medan dengan United States Agency for International Development (USAID) IUWASH Plus Regional Sumatera Utara, PDAM Tirtanadi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat kota Medan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dan Kecamatan Medan Johor.

Ketua Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH mengatakan, tujuan kegiatan ini digelar dalam rangka mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat. Salah satu indikator PHBS yang dilakukan adalah mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan menggunakan sabun.

“Dengan melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) ini, membuktikan dapat menurunkan diare hingga 40% dan infeksi saluran pernapaasan akut (ISPA) 20%. Untuk itulah perlu adanya pembinaan dan penyuluhan yang berkesinambungan kepada semua anggota keluarga sehingga mau melakukan PHBS dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Rita.

Untuk itulah wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Medan dan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut ini, mengajak seluruh anggota TP PKK beserta kader PKK dapat menjadikan PHBS dengan selalu mencuci tangan pakai sabun setiap sebelum atau sesudah melakukan suatu kegiatan.

Setelah masyarakat sadar kegunaan cuci tangan pakai sabun, Hj Rita Maharani selanjutnya mengingatkan masyarakat untuk mengingkatkan kesadaran tentang pentingnya memiliki tangki septik yang kedap sebagai bentuk dari penggunaan sistem sanitasi air limbah rumah tangga yang layak dan aman serta tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Tangan Sedunia Tingkat Kota Medan ini turut dihadiri Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut Ir. Heri Batang Hari Nasution MPSi, Regional Manajer USAID IUWASH Plus Ir. Muhammad Yagi, sejumlah pimpinan SKPD serta perwakilan siswa dari SD di Kota Medan.

Usai memberikan sambutan, Walikota bersama Ketua TP PKK serta Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi serta Regional Manajer USAID IUWASH Plus menandatangani dukungan terhadap gerakan CTPS. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan CTPS dihadap seluruh perwakilan siswa SD yang hadir. Kemudian diteruskan dengan pembagian hadiah kepada pemenang dari sejumlah perlombaan yang digelar untuk memeriahkan acara tersebut. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini