Perencanaan Waduk Medan Martubung diselenggarakan Tahun Ini

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kepala Bappeda Kota Medan Wiriya Alrahman membuka rapat rencana serah terima lingkungan Waduk Martubung I Perumnas cabang Sumatera Utara di ruang rapat II Kantor Walikota Medan, Selasa (10/10).

Wijaya menambahkan, rencana serah terima ini dilakukan dibulan mendatang tahun 2017, karena mengingat Kota Medan sedang dalam musim penghujan.

“Secepatnya kita laksanakan supaya debit air yang tinggi saat musim hujan turun tidak menggenangi drainase Kota Medan, sehingga dampaknya banjir kesetiap ruas jalan,” ujarnya.

Pembangunan waduk Martubung berfungai sebagai penahan debit air dimana limpahan air dari Kota Medan mengalir ke bendungan sementara diwilayah Martubung rentan akan banjir, drainase utama adalah parit, rawa dan sungai deli, karena pembangunan tol drainase ke Sungai Deli menjadi terputus.

Ditambahkan dari perwakilan Perumnas bahwa waduk Martubung dibuat untuk menjadi tempat singgah air yang akan mengarah ke parit rawa, sehingga tidak langsung membanjiri parit rawa, karena parit rawa juga berfungsi untuk waduk agar debit air yang tinggi tidak tumpah.

“Dengan pembenahan fungsi penampungan waduk bisa mengurangi tumpahan air yang mengakibatkan banjir khususnya untuk daerah Martubung sebagai tempat aliran hilir hulu air dari Kota Medan,” harap Wijaya. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini