Jantung dan Stroke, Penyakit Mematikan No. 1 di Dunia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sumut Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, membuka Seminar Berbagi Kekuatan Jantung di Rumah Sakit Colombia Asia Medan, Jalan Listrik, Jumat (29/9).

Seminar yang digelar dalam rangka Hari Jantung Sedunia (World Heart Day) ini diharapkan dapat mengajak masyarakat semakin memahami akan bahaya penyakit jantung dan pembuluh darah, gejala dan penyebabnya serta bagaimana cara – cara pencegahannya.

Seminar Berbagi Kesehatan Jantung ini menghadirkan pembicara Prof dr Sutomo Kasiman SpDD SPJP. Turut Hadir Asisten Pemerintahan Kota Medan Drs Musaddad Nasution, GM RS Colombia Asia Medan Rheinhard L Tobing, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan drg Hj Polita Nasution MKes dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Marah Husin Lubis, Para Pimpinan Medan Cetak, Media Elektronik serta pengurus YJI Sumut dan Pengurus PKK Kota Medan.

Menurut Hj Rita Maharani, Penyakit Kardiovaskular yang didalamnya termasuk penyakit jantung dan stroke masih menjadi penyebab kematian No. 1 di dunia. Artinya setiap tahun penyakit ini bertanggung jawab terhadap 17.5 juta kematian dini, dan pada tahun 2030 angka kematian ini akan meningkat menjadi 23 Juta.

“Jumlah besar tersebut dapat dicegah dengan membuat perubahan seperti makan dan minuman yang sehat serta melakukan olahraga lebih sering dan menghentikan kebiasaan merokok. YJI Sumut juga gencar mengobarkan semangat untuk kesehatan pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah ini dengan menggandeng Pemko Medan. Artinya ini dapat dicontohkan Pemerintah Kabupaten/ Kota di Sumatera Utara”, Kata Hj Rita Maharani. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini