Dinas PU Normalisasi Gorong-gorong Jalan Bilal

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan menormalisasi gorong-gorong di Jalan Bilal, Medan, Selasa (26/9).

Normalisasi ini dilakukan dalam bentuk pengorekan gorong-gorong yang selama ini tersumbat oleh lumpur dan sampah. Tak pelak penyumbatan itu menyebabkan air tidak dapat mengalir. Akibatnya air drainase selalu meluap dan menggenangi jalan dan halaman rumah tangga setiap kali hujan deras turun.

Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan menurunkan puluhan pekerjanya untuk mendukung kelancaran pengorekan gorong-gorong tersebut.

Selain menggunakan peralatan manual seperti cangkul dan penggaruk, pengorekan yang dilakukan mulai sejak pagi ini juga didukung satu unit mobil penyedot lumpur.

“Kawasan ini sangat rentan digenangi air, terutama ketika intensitas curah hujan cukup tinggi. Penyebabnya lantaran gorong-gorong yang ada tidak berfungsi akibat terjadinya penyumbatan. Untuk mengatasinya, gorong-gorong ini harus dikorek sehingga air dapat mengalir kembali,” kata Syahnan.

Sebelum pengorekan dilakukan, petugas lebih dahulu mengangkati sampah yang memenuhi sekitar gorong-gorong.

Setelah sampah bersih, barulah petugas mengorek lumpur bercampur dari dalam dasar gorong-gorong. Tak jarang beberapa petugas terpaksa masuk dalam gorong-gorong untuk mengorek lumpur yang bercampur sampah.

Di saat tingkat kesulitan semakin tinggi dan tak mungkin lagi petugas masuk lebih jauh dalam gorong-gorong, barulah mobil penyedot lumpur diturunkan.

Selanjutnya selang pun dimasukkan ke tengah-tengah gorong-gorong dan dilanjutkan dengan penyedotan. Upaya ini berhasil, banyak lumpur tersedot sehingga penyumbatan yang telah terjadi akhirnya dapat diatasi. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini