Kemensos RI Gelar FGD, Mengurangi Angka Kemiskinan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Kementerian Sosial Republik Indonesia menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil dan berbatasan antar negara di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan yang digelar Aula Kantor Bupati Batubara diikuti dari berbagai instansi diantaranya, Pendamping UEP, unsur kepala Desa, Camat Tanjung Tiram, Kadis Sosial Batubara.

Dalam kegiatan tersebut, di bawah oleh dua narasumber diantaranya perwakilan kementerian Sosial Mangara Simanjuntak Kasubdit Penanganan Fakir Miskin Pedesaan dan Rubi Anto Siboro Kabid Sosial Budaya, Pembangunan Manusia dan Masyarakat dari Bappeda Batubara.

Mengarah dalam pemaparannya pemberatasan kemiskinan masyarakat pesisir, tidak bisa hanya dilakukan oleh satu dinas Sosial saja, tapi ini merupakan tanggung jawab semua stockholder, termasuk kementerian sosial.

Nah dia juga meminta, agar pendamping UEP berkerja secara profesional, dan mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan harus selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat.

Lebih lanjut, Rubi Anto Siboro dari Bappeda Batubara dalam pemaparannya, Pemkab Batubara sendiri punya program tersendiri dalam hal pemberantasan kemiskinan di Batubara, dengan cara setiap SKPD yang terkait membuat program penuntasan kemiskinan.

“Seperti hari ini, yang sedang berlangsung disejumlah dinas, salah satunya dinas Perikanan, dimana mereka membuat program untuk nelayan tradisional, dimana program tersebut salah satu upaya, untuk mengurangi kemiskinan.

Dan Bappeda Batubara, juga sudah melakukan berbagai upaya diantaranya sudah melakukan pendataan, agar dapat diterima oleh semua, agar dapat di uji secara publik.

Iya juga membentuk Tim Koordinasi tingkat desa, dimana ini sudah berlangsung disejumlah desa yang ada di Batubara,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Bahrumsyah dalam sambutannya mengatakan dalam hal mengurangi angka kemiskinan, dia berharap agar seluruh stakeholder dapat bekerja sama, dan saling bahu membahu untuk mengatasi masalah ini,” tegasnya. Berita Batubara, Erwin

- Advertisement -

Berita Terkini