Sepak Terjang 'Sang Bupati'
Bupati Batubara H Ok Arya Zulkarnaen saat menyampaikan tanggapannya didepan ribuan nelayan tradisional. (Foto: Erwin)

MUDANEWS.COM, Batubara – Bupati Batubara H Ok Arya Zulkarnain berjanji akan mengaktifkan polisi air di wilayah perairan di Kabupaten Batubara, hal ini mengantisipasinya maraknya pengoprasian pukat trawl dan hela di perairan Batubara.

Hal ini disampaikannya didepan ratusan masa yang lagi menyampaikan orasinya yang mengatasnamakan Masyarakat Nelayan Tradisional Batubara (Mantab), di lapangan bola kaki Lima Puluh, Batubara, Selasa (12/9/2017).

OK Arya Zulkarnain didepan ribuan nelayan menyadari, Memang ada aturan yang mengharuskan alat tangkap jenis pukat trawl diganti dengan alat tangkap ramah lingkungan. Tetapi pelaksanaannya mungkin yang belum efektif. Kalau aturan ini tidak ditegaskan, maka nelayan tradisional akan semakin berat untuk mencari makan.

Memang saat ini Batubara sudah ketinggalan dibanding dengan daerah lain misalnya Kabupaten Serdang Bedagai. Polres Serdang Bedagai sudah memiliki satuan Polair sendiri sehingga memudahkan mereka untuk melakukan tindakan terhadap pelanggar.

“Memang kita ketinggalan dengan Sergai. Polresnya sudah memiliki Polair sendiri sehingga mudah melakukan tindakan. Kedepan kita bermohon atas dukungan masyarakat dan DPRD agar wewenang Polair diberikan ke Polres Batubara,” ujarnya.

Tidak hanya wewenang Polair saja yang lagi diperjuangkan. menurut UU Nomor 23, Pemerintah Kabupaten tidak memiliki wewenang mengurus kelautan dan perairan. Kita berharap wewenang tersebut dapat dikembalikan ke Pemerintah Kabupaten.

“Dalam waktu dekat kita bersama DPRD akan menghadap Menteri Kelautan dan Perikanan membicarakan permasalahan nelayan di Batubara. Saya menjamin, kalau wewenang itu diberikan ke Pemkab, masalah seperti ini tidak akan terulang lagi,” kata OK Arya. Berita Batubara, Erwin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here