Tragedi Kemanusiaan Rohingya
Foto: Seorang pengungsi Rohingya di Hotel Beraspati, Medan, menghubungi kerabatnya yang masih berada di Myanmar.

MUDANEWS.COM, Medan – Pengungsi Rohingya di Medan mendoakan para keluarganya yang masih berada di zona konflik di Rakhine, Myanmar.

Mereka berdoa agar ada solusi untuk mengakhiri konflik pemberangusan etnis Rohingya di sana. Muhammad Habi (23), salah satu pengungsi yang sudah menetap di penampungan Hotel Beraspati, Medan, bercerita bagaimana para militer Myanmar membantai kaum ibu dan anak-anak di sana.

“Saya sudah lihat, bagaimana, Bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak mati di sana. Kalaupun hidup di sana tidak ada makanan,” kata Habi dengan mata yang berkaca-kaca, Selasa (5/9/2017).

Saat ditemui, Habi baru selesai berdoa di Musala penampungan yang dibangun menggunakan tenda dan terpal. Saat sedang berdoa, dia berulang kali meminta pertolongan tuhan agar bisa membantu para keluarganya yang masih berada di Myanmar.

Usai berdoa, dia bercerita bagaimana dia tidak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha selama tinggal di Myanmar. Dia juga menyaksikan langsung bagaimana perkampungan mereka di bakar di sana.

Sekarang, Muhammad Habi bersama 120 lebih pengungsi lainnya tinggal di penampungan. Mereka berterima kasih kepada pemerintah Indonesia yang sudah menyelamatkan mereka dari kekejaman pemerintah Myanmar.

Sampai sekarang, suhu konflik antara Etnis Rohingya dengan pemerintah Myanmar sedang memanas. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sedang gencar membahas solusi konflik Rohingya.

Retno hari ini dikabarkan bertolak ke Bangladesh untuk membahas krisis Rohingya bersama dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina dan Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hassan Mahmood Ali.

Pada Selasa lalu, Retno telah berkunjung ke Myanmar dan menemui State Counsellor Myanmar Daw Aung San Suu Kyi. Dalam pertemuan itu, Retno mengatakan bahwa kedatangannya untuk membahas persoalan krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar. Berita Medan, Yogoy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here