338 Kepala KUA Ikuti Uji Kompetensi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sebanyak 338 Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Non Penghulu dari seluruh Kecamatan di Provinsi Sumatera Utara mengikuti Uji Kompetensi yang dilaksanakan di Hotel Grand Jamee Medan, Senin (24/7).

Kegiatan tersebut dibuka Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin dan dihadiri Anggota DPR/MPR RI Fadly Nurzal, mewakili Subdit Mutu Sarana dan Prasarana Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Jajang Ridwan dan Kabid Urais dan Pembinaan Syariah Dahman Hasibuan.

Kakanwil Kemenagsu dalam sambutannya mengatakan, uji kompetensi ini dilaksanakan untuk meningkatkan profesionalitas dan agar Kepala KUA dapat lebih menguasai dan memahami tugas dan fungsi masing-masing.

Dia juga menyampaikan, dari 34 Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia, Kanwil Kemenag Sumut merupakan Kanwil Kemenag Provinsi ke lima yang melaksanakan uji kompetensi bagi Kepala KUA.

“Melalui uji kompetensi ini diharapkan akan menghasilkan seorang penghulu yang benar-benar mengerti tugas dan fungsi serta tanggung jawabnya secara optimal, serta mampu berinovasi dan kreatif sehingga citra Kementerian Agama dapat lebih baik di masyarakat,” ungkapnya.

Tohar juga mengingatkan Kepala KUA agar terus meningkatkan disiplin serta menjaga kebersihan Kantor Urusan Agama masing-masing. ”Jangan sampai kantor instansi lain lebih bersih dari KUA,” tegasnya.

Kakanwil Kemenagsu juga mengingatkan Kepala KUA se-Sumatera Utara untuk terus meningkatkan kompetensinya dengan terus belajar, belajar dan belajar.

Sementara itu, Anggota DPR/MPR RI Fadlz Nurzal mengatakan, Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat termasuk Kepala KUA dan Kementerian Agama merupakan Kementerian yang paling strategis menyampaikan pesan dan program-program pemerintah kepada masyarakat.

“Dengan memberdayakan Kementerian Agama maka akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat,” ungkapnya. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini