BNPB: Kepala Daerah Harus Prioritaskan Penanggulangan Bencana

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau kepala daerah agar penanggulangan bencana dijadikan skala prioritas.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bencana adalah hal yang tidak bisa diterka kapan terjadinya. Makanya, pihaknya mengimbau agar penanggulangan bencana jadi prioritas bagi kepala daerah.

“Kami imbau kepada bupati/wali kota dan DPRD untuk terus meningkatkan anggaran APBD. Dimana, penanggulangan bencana tersebut menjadi salah satu prioritas pembangunan di daerah,” ungkap Sutopo, Kamis (20/7/2017).

Sutopo juga bilang kalau bencana yang terjadi juga bergantung pada setiap pemicunya. Oleh karena itu, sosialisasi, pelatihan-pelatihan, kebijakan publik, juga perlu terus di dorong, agar masyarakat terus meningkatkan kesiapsiagaannya dalam menghadapi setiap kemungkinan bencana.

“Saat ini selalu meningkat, oleh karena itu kesiapsiagaannya perlu kita tingkatkan, mitigasi harus dibangun, kemudian pembangunan disektor lain perlu juga mengkaitkan dengan ancaman bencana yang ada di Sumut. Dimana, jutaan penduduk Indonesia terpapar dari bencana,” jelasnya.

Sutopo menuturkan bahwa, ancaman bencana yang bisa terjadi di Sumut memang sangat banyak, seperti gempa bumi kemudian diikuti tsunami, erupsi gunung api, banjir, longsor, puting beliung dan bencana lainnya. Oleh karena itu, kapasitas baik pemerintah maupun masyarakat, tingkat kesiapsiagaannya harus bisa ditingkatkan.

Dari 33 kabupaten/kota di Sumut sebagian besar belum memiliki Pusat Pengedalian Operasi (Pusdalops). Bahkan banyak daerah juga yang tidak punya data soal kebencanaan. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini