Gunung Sinabung Hari Ini Sudah Tiga Kali Erupsi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Sejak pagi tadi, Gunung Sinabung terus menunjukkan aktifitasnya.

Gunung Sinabung tercatat tiga kali erupsi mulai dari pukul 10.00 WIB. Erupsi Sinabung juga disertai kolom abu dan guguran lava.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan, kolom abu yang disemburkan dari kawah Sinabung mencapai 3000 meter.

“Erupsi juga disertai gempa ringan selama 270 detik. Sedangkan angin mengarah ke timur dan tenggara,” kata Armen saat dihubungi, Selasa (18/7/2017).

Sinabung kembali erupsi pada pukul 15.52 WIB. Tinggi kolom abu vulkanik yang disemburkan mencapai 2000 meter. Erupsi juga disertai gempa selama 212 detik.

Terakhir, erupsi terjadi pada pukul 15.36 WIB. Tinggi kolom lebih rendah, yakni 500 meter. Sedangkan guguran lava sejauh 1000 meter.

“Kemudian gempa selama 159 detik dengan kondisi angin sedang/kencang arah ke timur tenggara,” ujar Armen.

Dia pun menjelaskan kalau erupsi susulan bisa saja terjadi. Saat ini Gunung Sinabung masih masuk dalam status level IV atau Awas. Dengan ini, masyarakat dimintai selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait.

“Gunung Sinabung masih berstatus awas. Cuaca saat ini cerah. Puncak Gunung terpantau dari pos,” tandasnya. Berita Karo, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini