Pasca Gempa Padang Sidempuan
Foto: Kondisi Gunung Lubuk Raya, Jumat (14/7/2017) sore.

MUDANEWS.COM, Padang Sidempuan – Pasca gempa susulan yang ke 4 mengguncang Kota Padang Sidempuan, Jumat (14/7/2017) sore sekira pukul 17.13 WIB dengan kekuatan 4.6 SR. Warga khawatir gempa tersebut berasal dari dalam kedalaman Gunung Lubuk Raya.

Ketakutan warga tersebut disebabkan, usai gempa bumi pertama terjadi gunung berapi tersebut sempat mengeluarkan asap hitam. Karenanya, warga pun khawatir gempa tersebut menunjukkan gunung tersebut aktif.

“Asap berwarna hitam campur pekat tiba-tiba muncul pasca gempa,” kata Ilyas, seorang Tokoh Masyarakat Desa Sitarotoit, Angkola Barat. Asap yang tampak muncul itu berada persis di puncak Simandar bagian dari Gunung Lubuk Raya, pasca gempa sekitar 10 detik tersebut.

Melihat ketakutan warga tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir. Sebab hingga saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan kondisi Gunung Lubuk Raya normal aktif.

“Sampai saat ini PVMBG masih menyatakan normal aktif,” ucapnya.

Selain itu, Sutopo juga mengatakan, status Gunung Lubuk Raya tersebut juga belum ada kenaikan. “Tidak ada kenaikan status,” pungkasnya. Berita Padang Sidempuan, Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here