Gempa 5,5 SR Guncang Kota Salak
Ilustrasi Gempa Padang Sidempuan

MUDANEWS.COM, Padang Sidempuan – Gempa berkekuatan 5,5 SR mengguncang Kota Padang Sidempuan, Jumat (14/7/2017) pagi. Akibatnya, warga kota salak berhamburan keluar rumah.

Amatan wartawan di lokasi, gempa bumi tersebut berlangsung hanya beberapa detik. Namun, goncangannya mengakibatkan perabotan rumah tangga berguncang hebat hingga mengeluarkan suara yang membuat warga panik.

Bukan hanya itu saja, kabel tiang listrik tampak bergoyang. Bahkan, air yang berada di dalam bak juga bergoyang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BMKG melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,5 SR berpusat di darat dengan kedalaman 10 Km pada Jumat (14/7/2017) pukul 08.25 WIB. Pusat gempa berada di 9 km Barat Daya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sutopo mengatakan, gempa tersebut bukan hanya terasa di Kota Padang Sidempuan, namun juga menguncang Kabupaten Tapsel, Paluta, Palas, hingga Rokan Hulu Provinsi Riau. “Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Namun, posko BNPB masih terus memantau dampak gempa,” pungkasnya. Berita Padang Sidempuan, Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here