Sambut Bulan Ramadhan, Umat Muslim Tapteng Sudah Mulai Berziarah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Tapanuli Tengah – Sambut Bulan Suci Ramadhan Umat Muslim yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), sudah mulai mengunjungi pemakaman keluarga masing-masing untuk melakukan Ziarah, Rabu (17/5/2017), dengan tujuan untuk membersihkan Makam dan membacakan Do’a. Hal itu sudah menjadi tradisi bagi ummat Muslim di sebagian besar Daerah.

Misnan, salah seorang masyarakat Kabupaten Tapteng, yang melakukan Ziarah di salah satu pemakaman umum mengaku bahwa setiap menyambut Bulan Suci Ramadhan, keluarganya selalu melakukukan Ziarah, yang bertujuan untuk membersihkan pemakaman dan ber Do’a untuk keluarga mereka yang telah tiada.

“Setiap menyambut Puasa di Bulan Suci Ramadhan, kami dan seluruh keluarga pasti melakukan Ziarah ke Makam saudara-saudara kami yang telah tiada, dan setelah itu kami akan ber Do’a untuk keluarga kami yang sudah tiada atau sudah mendahului kami,” katanya.

Sambungnya, Ziarah menyambut Bulan Suci Ramadan, sudah merupakan tradisi di beberapa Daerah.

“Tentunya tujuan kami datang ke Makam ini untuk membersihkan Makam dan mengirimkan Do’a kepada sanak saudara kami atau orang tua kami yang sudah lebih dahulu meninggalkan dunia ini. Disamping itu Ziarah ini juga merupakan pengajaran terhadap anak-anak kami yang masih hidup di dunia ini, bahwa nantinya mereka akan kembali kepada yang maha kuasa,” terangnya.

Lanjut Musnah, didampingi tradisi Ziarah ada beberapa tradisi juga yang akan dilaksanakan oleh keluarganya, dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Sehabis Ziarah, nanti kami juga akan melaksanakan satu kegiatan yang merupakan tradisi di Sibolga-Tapteng, yakni sering disebut dengan Balimo-limo oleh masyarakat Sibolga-Tapteng. Kami akan mandi membersihkan diri dengan limo itulah makanya namanya jadi Balimo-limo,” ungkap Misnan kepada Awak Media. Berita Tapanuli Tengah, Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini