Demo Kenaikan Tarif Air, Mahasiswa Geruduk PDAM Tirtanadi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sekelompok mahasiswa berunjuk rasa di depan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja, Rabu (10/5/2017).

Aksi itu dilakukan untuk menuntut PDAM Tirtanadi tidak menaikkan tarif air. Pimpinan aksi, Khairul Hadi mengatakan bahwa rencana kenaikan Tarif Dasar Air Minum yang direncanakan naik pada Mei 2017 membuat beban bagi masyarakat di Sumut.

“Kenaikan itu bisa membebani masyarakat. Mengingat perusahaan ini milik pemda yang seharusnya menjadi penopang keuangan daerah, malah tidak berkontribusi sama sekali,” katanya.

Direksi PDAM juga telah melakukan pelanggaran hukum dengan menerbitkan surat keterangan direksi tentang penyesuaian tarif yaitu mengabaikan perintah untuk menjaring aspirasi pelanggan dan melaksanakan rapat konsultasi dengan DPRD Sumut sebelum menertibkan SK terkait penyesuaian tarif air minum.

“Hal ini tentunya PDAM telah mengkebiri perintah Perda dan Permendagri. PDAM bukan perusahaan milik Pemperovsu yang hanya mencari keuntungan semata,” jelas Khairul.

Sementara, dalam aksinya tersebut para pengunjuk rasa meminta agar Gubsu dan Dirut PDAM mangkaji ulang dan membatalkan kebijakan kenaikan tarif dasar air minum, meminta aparat mengusut tuntas dugaan korupsi yang dilakukan oleh pejabat di PDAM terkait pengerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA).

“Kami meminta kepada Gubsu mengevaluasi kinerja direksi PDAM karena sudah dinilai gagal menjalankan tugas dan tanggungjawabnya,” pungkas Khairul. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini