Demo Buruh Siantar, SBSI Gandeng HMI, GMNI dan GMKI

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Siantar – Sejumlah elemen masyarakat dan organisasi mahasiswa berkonvoi rayakan Hari Buruh. Ketua SBSI Solidaritas, Ramlan Sinaga bersama pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), mengajak para buruh meningkatkan soliditas.

“Buruh harus bersatu memperbaiki diri jika ingin kesejahteraan meningkat. Kami meminta agar pemerintah daerah memberikan perhatian serius terhadap peningkatan kesejahteraan buruh,” katanya, Senin (1/5/2017).

May Day di Siantar, ratusan buruh dari berbagai perusahaan, menggelar konvoi dengan truk gandeng bak terbuka berisi pengeras suara dan alat-alat musik. Konvoi buruh diwarnai yel yel dan lagu-lagu perjuangan buruh dikawal ketat Polisi Lalu Lintas melibatkan puluhan sepeda motor dan mobil.

Konvoi dimulai dari Sinaksak Jalan Medan berkeliling mengitari pusat kota dan berakhir di Gelanggang Olahraga Dispora, Pematangsiantar.

Katanya, mulai Januari 2017 upah buruh Pematangsiantar minimal Rp.1.963.000 per bulan. Berbagai aspirasi buruh akan terus dibahas di tingkat pusat, namun tetap mempertimbangkan kemampuan perusahaan.

“Pihak pengusaha dan buruh harus duduk bersama sehingga semua persoalan bisa terselesaikan. Jika terkendala, kami dari pemerintah siap membantu. Selamat hari buruh,” ujarnya.

“Kita komit memperjuangkan penghapusan pekerja outsourcing termasuk di BUMN mau pun Perusahaan Daerah. Kita juga komit membantu rekan-rekan tenaga honorer di instansi pemerintah. Beragam persoalan publik di kota ini juga harus menjadi perhatian kita bersama,” katanya.

Diketahui, Perayaan Hari Buruh 2017 diselenggarakan Serikat Buruh Solidaritas Indonesia (SBSI) di Gelanggang Olahraga (GOR) Jalan Merdeka diwarnai dengan guyuran hujan dan tetap berlangsung hingga sore. Berita Siantar, Deva

- Advertisement -

Berita Terkini