Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Menyembur Setinggi 1500 Meter

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Gunung Sinabung menyemburkan abu vulkanik dari puncaknya, Senin (1/5/2017).

Gunung sinabung mengeluarkan kolom abu vulkanik setinggi 1500 meter. Erupsi itu terjadi sekitar pukul 20.42 WIB.

“Selain menyeburkan abu vulkanik, gempa juga terjadi dengan durasi 319 detik,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra saat dikonfirmasi, malam tadi.

Armen pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan aktifitas gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumut itu. Masyarakat ataupun wisatawan dilarang melakukan aktifitas dalam radius yang telah ditentukan.

“jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabun,” katanya.

Masyarakat yang tinggal di dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada dengan potensi bahaya banjir lahar dingin.

“Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus. Karena, sungai ini berhulu dari Gunung Sinabung, sewaktu-waktu bisa terjadi banjir lahar dingin,” katanya.

BPBD segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar dingin kepada penduduk yang bermukim di dekat sungai. Berita Karo, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini