Demo Buruh Medan, Jurnalis Bersatulah !!!

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan mengajak seluruh pekerja media untuk bersatu dan berserikat.

Ketua AJI Medan Agus Perdana mengatakan, saat ini kondisi jurnalis di Indonesia masih banyak yang berserikat. Dalam aksi unjuk rasa yang di gelar AJI, mereka mengangkat tema ‘Berserikat atau Celaka’.

“Ditengah sejumlah perubahan penting yang terjadi dalam industri media ini, AJI Medan mengajak para jurnalis membangun serikat pekerja baik ditingkat perusahaan atau lintas media agar memperbaiki kondisi yang kurang menguntungkan jurnalis,” kata Agus di sela aksi di depan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Senin (1/4/2017).

Menurut dia, pembentukan serikat pekerja di kalangan jurnalis telah didukung Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2004 tentang ketenagakerjaan dan UU Nomor 21 Tahun 2000 tentang serikat pekerja atau serikat buruh.

Senada dengan Agus, Koordinator Divisi Serikat Pekerja AJI Medan Liston Damanik mengatakan, pihaknya masih fokus untuk mendorong diberlakukannya upah sektoral pekerja media. Selain itu mereka mendesak perusahaan media untuk memberikan jaminan sosial untuk jurnalis.

Saat ini, masih banyak jurnalis yang bekerja di bawah upah minimum. Padahal bekerja sebagai jurnalis punya resiko yang tinggi.

“Begitu pun, jurnalis seharusnya sadar, bahwa pengusaha pada umumnya fokus mencari keuntungan lebih besar dan sulit berbagi kepada pekerja. Pemerintah pun pada umumnya lebih mementingkan kepentingan pengusaha karena dianggap memberi kontribusi lebih besar. Karena itu jurnalis harus berserikat agar menjadi kuat dan bisa menekankan berbagai agenda terkait kesejahteraan pekerja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, unjuk rasa peringatan Hari Buruh Internasional terjadi di beberapa titik Kota Medan. Namun ada juga buruh yang memilih ikut dalam panggung hiburan ketimbang berpanas-panasan dalam unjuk rasa. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini