Gubsu Mengunjungi Korban Banjir Bandang Sidempuan
Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi saat menyambangi lokasi banjir bandang di Kota Padang Sidempuan.

Laporan : Indra

MUDANews.com, Padang Sidempuan (Sumut)– Menyikapi tudingan masyarakat yang menyebutkan banjir bandang yang menerjang Kota Padang Sidempuan lantaran meluapnya Sungai Batang Ayumi akibat adanya aktivitas pembalakan liar di hulu sungai tepatnya di lereng Gunung Lubuk Raya dan lereng Gunung Sibual-Buali Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Gebernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi janji akan tindak tegas pelaku pembalakan.

Hal tersebut dilontarkannya disela-sela kunjungannya ke lokasi banjir bandang di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Rabu (29/3/2017). Dikatakannya, setiap banjir bandang terjadi memang kerap masyarakat beranggapan jika di hulu sungai ada aktivitas penebangan liar. Kendati demikian, pihaknya akan segera menyelidiki laporan masyarakat tersebut.

“Ini akan kita telusuri terus. Apakah memang seperti itu? Kalau pun memang seperti itu adanya, kita akan segera mencari siapa pelakunya,” ucapnya.

Kemudian, dia mengatakan, untuk menguak laporan tersebut pihak Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara beserta pihak kepolisian akan segera bekoordinasi untuk melakukan pemantauan. Sehingga, jika pembalakan liar tersebut benar terjadi pihaknya akan segera memberikan tindakan tegas.

“Ini memang memerlukan waktu. Tapi nanti pihak Dinas Kehutanan beserta kepolisian akan segera memantau ini. Sehingga, kalau terjadi hal-hal pembalakan liar akan segera ditindak tegas,” tegasnya.

Saat disinggung apa upaya kedepan yang akan ditempuh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) supaya tidak terjadi pembalakan liar, Erry meminta kepada masyarakat supaya berperan aktif melaporkan jika terjadi pembalakan di kawasan tersebut.

“Upaya ke depan, tentu kita berharap ada laporan dari masyarakat,” pungkasnya. (ig)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here