Gubsu saat menerima audiensi Pengurus Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi)

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Erry Nuradi mengatakan Pemprov Sumut telah menganggarkan untuk membantu pengadaan 1500 Sepeda motor kepada tiga pilar di  pemerintahan di desa/kelurahan yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa/lurah. Diharapkan dengan fasilitasi tersebut dapat membantu kinerja tiga pilar pemerintahan desa tersebut.

Hal ini dikatakan Gubsu saat menerima audiensi Pengurus Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Provinsi Sumatera Utara di ruang kerja Gubsu, belum lama ini

Rombongan dipimpin Ketua DPP Apdesi Sumut Zainul Akhyar, Sekretaris Kusdantoro Bendahara Raja Edward Sebayang dan BPO Ketua Apdesi Pusat H. Basri Lubis. Sedangkan Gubsu didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa Provsu Aspan Sofyan Batubara, Kepala Dinas Kominfo Provsu HM Fitriyus, dan Plt Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus.

Dikatakan Gubsu dari tiga pilar di pemerintahan desa/kelurahan, Gubsu mengatakan sekitar 500 sepeda motor akan diperuntukkan bagi kepala desa yang ada di Sumatera Utara.

“Melalui Apdesi bisa merekomendasikannya kepada kepala Desa,” ujar Gubsu.

Gubsu pada kesempatan itu juga berharap agar di setiap desa di seluruh kabupaten yang ada di Sumatera Utara agar dibentuk satu PKK desa. “Dengan PKK Desa diharapkan akan berjalan program-program PKK Provinsi hingga ke desa,” tambah Gubsu.

Begitu juga dengan program-program desa lainnya, karena hal tersebut sesuai dengan program Nawacita Presiden RI Bapak Joko Widodo membangun dari pinggiran.

Terkait pertemuan-pertemuan yang ingin diadakan Apdesi Sumut guna membicarakan program-program desa yang akan dilaksanakan,  Gubsu mengharapkan agar Apdesi membentuk kordinator wilayah (Korwil) untuk mempermudah pertemuan. “Dengan adanya korwil efisiensi akan didapatkan,” imbuh Gubsu.

Sementara Ketua DPP Apdesi Sumut pada kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya ingin meminta arahan kepada Gubsu terkait Rakernas Apdesi yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara. Karena lanjutnya, selama Apdesi terbentuk untuk Rakernas yang menjadi tuan rumah hanya di sekitaran pulau Jawa.

“Apdesi Sumut ingin menjadi tuan Rumah yang baik, diharapkan arahan dari Bapak Gubsu agar Rakernas Apdesi ini bisa berjalan dengan baik dan provinsi Sumut. Dan provinsi Sumatera Utara akan lebih paten lagi kedepannya,” kata Zainul.[am]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here