Tuntut Realisasi Bantuan Relokasi, Puluhan Warga Gurukinayan Unjuk Rasa ke Kantor Bupati Karo

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Arkhan AL

MUDANews.com, Karo (Sumut) –  Puluhan warga yang berasal dari Desa Gurukinayan yang sekarang bertempat tinggal di luar Desa Gurukinayan unjuk rasa ke kantor Bupati Karo, untuk menuntut biaya bantuan relokasi akibat bencana erupsi gunung Sinabung, Kamis (16/2).

Mereka mendatangi kantor Bupati Karo sekira jam 10.30 WIB , hendak bertemu langsung dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, menuntut realisasi bantuan relokasi rumah dan tanah yang mereka tinggalkan di Desa Gurukinayan Kecamatan Tiganderket yang harus direlokasi karena berada di zona merah erupsi gunung Sinabung.

Kehadiran warga disambut Plt Sekdakab Karo Jernih Tarigan, SH didampingi Kasatpol Satpol PP Drs Perlindungen Karo-Karo di gerbang masuk kantor Bupati Karo. Jernih Tarigan dan Perlindungen Karo-Karo kepada warga mengatakan Bupati Terkelin Brahmana sedang tugas luar di Jakarta. Namun warga tidak yakin sehingga sempat terjadi dialog dan warga berusaha menerobos masuk menemui langsung Bupati Karo.

Setelah diadakan negosiasi, warga di perkenankan untuk masuk halaman kantor dan beberapa perwakilan mengadakan pertemuan di kantor Bupati dengan Plt Sekda dan sejumlah pejabat lainnya. Dalam pertemuan tersebut, Plt Sekda menjelaskan data calon penerima bantuan relokasi kepada warga Desa Gurukinayan yang bertempat tinggal di luar Desa Gurukinayan, karean yang disampaikan kepada BPBD Karo masih diverifikasi sehingga belum dapat direlisasikan. Untuk menindak lanjutinya BPBD Karo telah menjadwalkan pertemuan pada Senin mendatang.

Pertemuan tersebut akhirnya menemukan kata sepakat setelah wakil Bupati Karo Cory S Sebayang hadir memberi penjelasan sekira jam 15.30 WIB. Menurut Cory, data jumlah penerima dana bantuan relokasi akan diverifikasi pada rapat yang dilksanakan senin mendatang. Verifikasi akan dilkukan sesuai dengan fakta lapangan melalui gambar bangunan Desa yang akan ditayangkan pada rapat nanti.

Untuk itu, kata Cory didampingi Plt Camat Tiganderket dan pajabat BPBD Karo, perlunya saksi-saksi yang menyatakan kepemilikan bangunan ataupun lahan di Desa Gurukinayan. Dengan demikian kata Cory, data yang ada benar-benar akurat kebenarannya sehingga bisa dipertanggung jawabkan untuk diberikan bantuan relokasi.

Penjelasan yang disampaikan Cory dapat diterima warga dan menyatakan akan hadir pada pertemuan senin mendatang di kantor Bupati Karo. Selanjutnya warga meninggalkan kantor Bupati dengan tertip.

Sementara itu menurut Tomson Surbakti didampingi Bas Ukurta Sitepu dan Budi Utomo Sembiring, jumlah warga Desa Gurukinayan yang tinggal diluar Desa Gurukinayan yang memiliki rumah dan lahan yang diajukan menerima bantuan relokasi sebanayak 865 kepala keluarga. Data tersebut katanya sudah di sampaikan sejak Agustus 2016 lalu.

Sedangkan sejumlah 778 kepala keluarga lainnya yang tinggal di Desa Gurukinayan, katanya telah direalisasikan bantuan relokasi.

“Seharusnya kepada kami juga diberikan bantuan sebagaimana menurut ketentuan, karena kami juga memeiliki rumah/bangunan dan lahan di Desa Gurukinayan walaupun kami sekarang bertempat tinggal diluar Desa Gurukinayan,” ujar Tomson.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini