20 Hari, Buruh Pelindo I Targetkan Sampai di Ibu Kota.

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Putra

MUDANews.com, Medan (Sumut) –  Niat buruh Koperasi Karyawan Pelindo I yang ingin menyampaikan aspirasinya langsung ke Presiden Indonesia Joko Widodo, ternyata tak hanya isapan jempol belaka. Hal ini dibuktikan ratusan buruh Koperasi Karyawan Pelindo I yang tadi pagi mulai melakukan longmarch dari PT Pelindo I menuju Jakarta, namun para buruh sempat beristirahat di Mesjid Raya Medan, Jumat (20/01).

Disana, para buruh menyempatkan menggelar mimbar bebas di depan Mesjid Raya. Dalam orasinya mereka menuding PT Pelindo I bertindak tidak adil. Alasannya, mereka sudah bekerja selama belasan tahun tapi tak kunjung diangkat menjadi karyawan.

 

Buruh Pelindo I lakukan longmarch

“Lebih pahit lagi, kami akan dipindah ke perusahaan pemborong,” kata seorang orator dari atas mobil komando dengan menggunakan pengeras suara.

Tak berapa lama menggelar mimbar, para buruh kembali melanjutkan perjalanannya menuju Jakarta dengan berjalan kaki. Bahkan para buruh sudah mempersiapkan perbekalan. Mulai dari konsumsi hingga tim medis mereka bawa untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ketika dalam perjalanan.

“Kita ingin mengadu secara langsung kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo mengenai nasib teman-teman yang sudah belasan tahun bekerja di bawah naungan Koperasi Karyawan Pelabuhan (Kopkarpel), pada akhir tahun lalu, 2016, mereka dipindahkan lagi menjadi outsourching. Secara organisasi kita menolak,” kata Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Medan April Waruwu, yang menjadi koordinator longmarch ke Jakarta.

Sebelumnya, buruh memulai perjalanannya dari kantor PT Pelindo I di Jalan Krakatau. Buruh langsung dilepas oleh tangisan kerabat dan anak istri.

Buruh akan mengambil jalur lintas timur untuk nenuju Jakarta. “Jaraknya diperkirakan 2.000 Km dan diharapkan dapat kita tempuh selama 1 bulan,” pungkas April.

Dalam perjalanan mereka juga membentangkan poster kecaman terhadap PT Pelindo 1. Buruh juga akan menyinggahi pengurus SBSI di masing-masing daerah yang dilintasi.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini